Jenazah BJ Habibie Dimakamkan Disamping Makam Istrinya Asri Ainun di TMP Kalibata

 

MAKLUMATNEWS.com – Rencananya, Lokasi pemakaman Presiden ke-3 BJ Habibie disamping makam istrinya Asri Ainun di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan.

Sementara itu, prosesi upacara pemakaman jenazah almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie akan dimulai Kamis, 12 September 2019 pukul 12.30 WIB usai sholat zuhur.

Prosesi akan diawali dengan upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga ke pemerintah di rumah duka, Jalan Patra Kuningan XII/3, Jakarta Selatan.

“Prosesi esok rencana pemakaman jenazah pada jam 12.30 itu akan dilaksanakan upacara jenazah dari pihak keluarga kepada pemerintah,” kata Sekretaris pribadi Habibie, Rubijanto, Rabu, 12 September 2019 malam di rumah duka.

Menurut Rubijanto, upacara penyerahan jenazah akan dipimpin oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman. Setelahnya, prosesi dilanjutkan dengan pemberangkatan jenazah dari rumah duka menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pukul 13.00 WIB.

“Diharapkan (upacara penyerahan jenazah) 30 menit selesai kemudian jam 13 tepat kita start dari kediaman Patra Kuningan menuju ke TMP Kalibata,” ujar Rubijanto, sebagaimana dikutip MAKLUMATNEWS.com dari KOMPAS.COM.

Prosesi terakhir, upacara pemakaman jenazah di TMP Kalibata diagendakan pukul 13.30 WIB. Upacara akan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie wafat pukul Rabu, 11 September 2019 pukul 18.03 WIB.  Habibie meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.(*)

 

Editor : Aspani Yasland