Potret Kehidupan : 17 Tahun Jualan Makanan Ikan Hias

 

MAKLUMATNEWS.com – Berikhtiar menjemput rezeki dari Allah Swt, beragam macam dan cara, tak peduli jenisnya, yang penting usaha tersebut menghasilkan pendapatan untuk kebutuhan keluarga sehari-hari dan tentunya halal.

Apa yang ditekuni Pak Mustafa, demikian panggilannya, salah satu contohnya. Masya Allah, bapak yang masih terlihat muda ini, ternyata sudah 17 tahun menggeluti bisnis jualan makanan ikan hias.

“Sebentar inilah, baru 17 tahun pak,” cetusnya pendek. Bila Anda melintasi Jalan Ampibi, persis depan pintu masuk Kantor Lurah Sekip Jaya atau dekat Pasar Sekip Ujung, Palembang, maka di pojokan yang sederhana diatas got itulah , Pak Mustafa menggelar dagangannya sehari-hari.

Tampaknya Pak Mustafa tidak begitu banyak bicara, lantaran pagi hari itu dia sibuk melayani para pelanggannya yang membeli makanan ikan hias, seperti uget-uget (jentik nyamuk), cacing merah dan ikan-ikan kecil.

“Kalau uget-uget Rp 2.000 per bungkus, sedang cacing Rp 5.000 per bungkus,” katanya sembari menyedok uget-uget yang untuk diserahkan kepada pembeli. Lapak Pak Mustafa yang berada persis di ujung Pasar Sekip Jaya dekata parkiran mobil ini, sangat strategis dan mudah dijangkau. Orang yang membeli makanan ikan kepadanya tidak perlu turun motor, dia akan segera melayaninya. Pak Musfata sebuah potret kehidupan di tengah kota Palembang.(*)

Reporter/Editor : Aspani Yasland