Sambut Pilkada Di Tujuh Kabupaten/Kota, LPI Lakukan Riset Pra Pilkada

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Beberapa waktu lagi akan dilakukan pilkada serentak pada tujuh kabupaten/kota se Sumatera Selatan. Menyikapi hal itu, LPI (Lingkar Publik Independet) lembaga survei yang sudah sukses di Sumatera Selatan akan melakukan riset pra pilkada 2020 di 7 Kabupaten se- Sumsel.

Ketua Tim Peneliti Hilmin didampingi Zainul Rifqi Direktur Eksekutif LPI, saat acara Workshop di Pempek Plamboyan, Minggu (21/9) mengatakan, survei ini fokus untuk memotret kondisi sosial kemasyarakatan, kepuasan atas kinerja pemerintah dan demokrasi. Riset ini juga untuk melihat peluang para bakal calon kepala daerah yang akan maju bertanding di Kabupaten OKU Timur, OKU Selatan, OKU Induk, PALI, Muratara, Musirawas serta Kabupaten Ogan Ilir.

Menurut Zainul, survei ini akan menerjunkan 40 orang mahasiswa dengan target mewawancarai 600 responden di setiap kabupaten/ kota. Senin 27 September mendatang survey akan dimulai di Kabupaten OKU Timur, setelah itu dilanjutkan ke Kabupaten PALI dan Ogan Ilir.

Zainul melanjutkan, riset merupakan salah satu pendekatan yang penting dilakukan untuk mengukur, mengidentifikasi sekaligus mengevaluasi bagaimana proses maupun hasil kinerja pemerintahan yang sedang berlangsung terutama menyangkut pelayanan pemerintahan terhadap kepuasan publik serta isu –isu strategis apa saja yang sedang berkembang.

Lebihlanjut Zainul mengatakan, hasil riset tersebut dapat menjadi masukan yang penting untuk melihat secara ril kekurangan dan kelebihan pelayanan pemerintah terhadap aspirasi publik. Sehingga dengan demikian, pemerintan SKPD dan unsur perangkat pemerintah lainnya dapat melakukan apa dan bagaimana yang harus dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya.

Reporter : Sgw