Sumsel Akan Helat Festival Sriwijaya Exhibition

MAKLUMATNEWS.com,PALEMBANG –Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan bulan Oktober nanti akan mengadakan Festival Sriwijaya Exhibition. Festival ini sendiri nantikan akan dilakukan di Plaza Lobi Kementrian Perindustrian Jakarta.

Kepala Biro Ekonomi Sumsel, Afrian Joni, Festival ini akan menampilkan Fashion, Tekstil dan Makanan serta keterampilan lainya khas dari Provinsi Sumsel. Dengan 42 stand yang di siapkan di dalam festival itu khusus untuk Provinsi Sumsel.

“Festival ini untuk memperkenalkan produk unggulan Sumsel di Jakarta,” terang Joni usai rapat kegiatan Sriwijaya Exhibition tahun 2019 di Ruang Rapat Bina Praja, Selasa (24/9).
Menurutnya, tujuan diadakan Sriwijaya Exhibition untuk mempromosikan produk Sumsel.

Kalau kegiatan expo di Sumsel sudah sering seperti Sriwijaya Expo, Bumi Sriwijaya Expo dan lain-lain. Kalau yang seperti itu berharap bayer yang ke sini.
“Nah kalau Sriwijaya Exhibition ini kita yang mendekati pasar. Produk kita ini harus dikenalkan ke luar. Kementrian Perindustrian menyiapkan standnya dan Provinsi Sumsel penyelengaranya,” ungkapnya.

Lanjut Joni, Sriwijaya Exhibition ini bukan hanya melibatkan pemerintah Daerah 17 Kabupaten Kota di Sumsel, tapi juga UMKM yang akan di libatkan.

“Sejauh ini sudah ada 7 Kabupaten Kota yang mendaftar, dan 64 UKM yang akan kita libatkan. Baik dari masyarakat umum, OPD-OPD hingga mitra-mitra binaan dari BUMN/BUMD dengan berbagai Produck,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Produksi Biro Ekonomi Provinsi Sumsel Murry Alfiansyah menambahkan jika Festival ini akan dilaksanakan selama 4 hari mulai dari tanggal 8 sampai 11 Oktober.

“Temanya fashion, textil dan kuliner. Contohnya produk songket, jumputan, tenun, produk yang menggunakan pewarna alam dan lain-lain. Lalu kulinernya seperti pempek, model, bolu, dodol dan lain-lain. Selain itu juga seperti kopi dan lain-lain.

Selain itu juga, akan dilakukan Fashion Show busana khas Sumsel yang akan lakukan pada hari pertama Festival. Bahkan nanti juga ada demo produk seperti pembuatan songket dan lain-lain.
“Memang kita harus ada inovasi-inovasi baru untuk kemajuan UKM di Sumsel. Untuk itu kita mengadakan kegitan ini,” terangnya Murry.

Reporter : Sgw