Ciptakan Karakter Disiplin Lewat Lomba Prestasi Pelajar Pramuka

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG –Sebanyak 1.000 lebih pelajar SMA-SMK dari berbagai daerah di 17 kabupaten/kota di Sumsel bakal meramaikan lomba prestasi yang digagas oleh Kwarda Pramuka Sumsel di Pelataran Kantor DPRD Sumsel, Minggu (6/10/2019).

Multievent yang digagas oleh Pengurus Kwarda Pramuka Sumsel menjadi event percontohan bagi pramuka di Indonesia. Pasalnya, kompetisi merupakan satu-satunya kompetisi pramuka yang digelar oleh kwartir pramjka daerah.

Sekretaris Kwarda Pramuka Sumsel H Amriadi SIP SPdI MPd mengatakan bahwa multievent kompetisi Lomba Prestasi sengaja diinisiasi untuk mencetak generasi muda yang kompetitif, disiplin dan tegas.

“Misalnya lomba baris berbaris. Baris berbaris itu ada 16 gerakan. Kalay menang baris berbaris berarti bagus karena akan melahirkan sikap kompetifif tegas dan disiplin. Begitu juga kelak kalah mereka jadi pemimpin,”ujarnya, Jumat (4/10/2019).

Ia menambahkan bahwa jelang kompetisi sudah lebih dari 1.000 peserta yang mendaftar dari berbagai daerah di Sumsel. Mulai dari tangkai lomba baris berbaris, sandi ambalan dan yel-yel.

“Jadi lomba prestasi ini bagian dari lanjutan latihan mereka di gugus depan dari level sekolah dibernagai daerah di Sumsel,”urainya.

Guna memberi semangat dan apresiasi kepada para peserta maka pihak Kwarda Sumsel telah menyiapkan piagam. “Dan bagi para pemenang juara 1, 2 dan 3 akan mendapatkan Piala serta uang pembinaan, “pungkasnya.

Kwarda Sumsel berharap kompetisi ini bukan hanya soal euforia lomba saja tapi mengajarkan karakter positif sejak dini bagi generasi muda yang kelak akan menjadi pemimpin.

Reporter : Sugi