Hot Spot di Mura dan Muratara Berkurang

Satgas Karhutla 31 Oktober Ditarik

MAKLUMATNEWS.COM, LUBUKLINGGAU – Dandim 0406 Mura, Lubuklinggau dan Muratara (MLM), Letkol Inf A’an Setiawan, menegaskan bahwa titik hot spot atau titik api kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diwilayah Kabupaten Musi Rawas dan Muratara berkurang.

Ini disebabkan oleh hujan yang mengguyur Musi Rawas, Kota Lubuklinggau dan Muratara beberapa hari terakhir

“Saat ini titik hot spot sudah jauh berkurang dari kemarin-kemarin. Kalau kemarin mencapai ratusan, saat ini tidak lagi,”ungkapnya, Selasa (8/10/2019).

Dijelaskannya berdasarkan catatan pihaknya, sampai Selasa (8/10/2019) jumlah hot spot tercatat 6 titik  di wilayah Kabupaten Mura dan terdapat 6 titik dan 7 titik hot spot diwilayah Muratara.

Kapan Satgas Karhutla ditarik? Dia mengatakan  sesuai dengan prediksi  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  musim hujan akan terjadi pada awal November 2019 mendatang. Dan kebaradaan tim satgas karhutla sesuai perintahnya hanya sampai 31 Oktober 2019.

“Sesuai dengan  perintah sampai 31 oktober,” ungkapnya.

Ia juga mengaku, meski ditarik   tim tetap siaga diwilayahnya masing-masing. Sebab disana masih ada Babinsa, Koramil.
“Babinsa dan Koramil yang ada disitu, dia tetap standby, pasti sampai tuntaslah,” bebernya.

Untuk itu  kedepan pihaknya berharap mengenai karhutla, agar stakeholder yang ada makin lengkap perlengkapan peralatannya.

“Perusahaan, instansi damkar kemudian BPBD, makin lengkap perlengkapannya,” timpalnya.
Lebih lanjut, saat ini perusahaan-perusahaan oleh pihaknya terus didorong untuk melengkapi perlengkapan.
“Sekarang perusahaan-perusahaan lagi kita dorong-dorong terus untuk melengkapi perlengkapannya. Kalau kita TNI gak ada perlengkapannya,” jelas dia.

Dandim mengaku, kelemahan pihaknya dilapangan yang jelas yakni kekurangan alat.
Terakhir dia mengatakan saat ini pihaknha  lagi menyusun SOP. Makanya setiap berapa hektar harus ada mobil pemadam kebakaran satu, terus alat portable.

“Tiap berapa hektar lagi kita susun SOP-nya,” pungkasnya.(Wan Asri)

 

Editor : Mimbar Abdillah