Italia Pastikan Lolos Ke Piala Eropa 2020, Usai Kalahkan Yunani

MAKLUMATNEWS.com, ROMA — Tim nasional Italia berhasil mengalahkan tamunya Yunani dengan skor 2-0 dalam pertandingan ketujuh Grup J Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Olimpico, Ahad (13/10) dini hari. Hasil ini memastikan Italia merebut tiket lolos ke Piala Eropa 2020.

Dilansir dari Republika.co.id, tampil dihadapan publiknya sendiri, Gli Azzurri langsung menekan Yunani. Namun, meski terus melancarkan serangan ke barisan pertahanan Yunani, sang tuan rumah tetap kesulitan membobol gawang tamunya.

Sementara Yunani mengandalkan serangan balik , yang cukup merepotkan barisan pertahanan Italia. Pada menit ke-60 serangan balik Yunani hampir membobol gawang Italia yang dijaga Donnarumma, sayang pemain Yunani Dimitris Limnios gagal memanfaatkan kesempatan langkanya. Babak pertamapun berakhir imbang tanpa gol.

Keberuntungan berpihak ke tim asuhan Roberto Mancini pada menit ke-62. Bola menyentuh tangan gelandang tengah Yunani, Bouchalakis di area penalti. Kemudian Jorginho membobol gawang yang dijaga Paschalakis dari tendangan penaltinya. Gol tersebut menjadi awal kekalahan Yunani di Stadion Olimpico.

Setelah gol pertama, serangan Timnas Italia ke jantung pertahanan Timnas Yunani semakin tajam dan berbahaya. Di menit ke-78, Bernardeschi berhasil mencetak gol kedua setelah Italia melakukan beberapa kali serangan ke lini pertahanan lawan.

Gol kedua yang bersarang di gawang Yunani telah menetapkan kemenangan Italia pada pertandingan kedelapannya di Grup J. Pertandingan kedelapan ini juga menambah daftar kekalahan Timnas Yunani menjadi empat kali kalah.

Selama babak pertama dan kedua, kesebelasan asuhan Roberto Mancini ini memang telah mendominasi penguasaan bola. Statistik menunjukan Timnas Italia menguasai 73 persen penguasaan bola selama pertandingan berlangsung. Italia juga berhasil menembakkan bola sebanyak 20 kali ke jantung pertahanan lawan. Sementara, Timnas Yunani hanya mampu menembakkan bola sebanyak delapan kali ke lini pertahanan Italia.

Timnas Italia belum terkalahkan selama tujuh pertandingan di Grup J. Kemenangan ini membuat Italia mengumpulkan 21 poin di puncak klasemen grup, dan memastikan lolos ke Piala Eropa.

Sementara, Timnas Yunani selama tujuh kali pertandingan hanya meraih satu kali kemenangan, dua kali seri dan empat kali menderita kekalahan.

Editor : Sandrie Gawoh