Di Mura Masih Banyak Rumah Tak Layak Huni, Lalu Dibedah

MAKLUMATNEWS.com, MUARABELITI — Sedikitnya 154 rumah tidak layak huni di lima desa mendapat bantuan program bedah rumah. Lima desa tersebut terletak di dua kecamatan, masing-masing kecamatan Purwodadi dengan Kecamatan Megang Sakti.

Kepala Dinas Perkim, Nito Maphilindo melalui Kabid Perumahan Dinas Perkim Mura, Abu Hanifah mengakui bahwa lima desa di dua kecamatan dalam wilayah Kabupaten Mura, masing-masing Desa Bangun Sari, Tri Karya, Mulyo Sari, Pagar Ayu dan Tegal Sari mendapat bantuan program bedah rumah. Rincinya Bangun Sari ada 30 rumah, Tri Karya 33 rumah. Selanjutnya Desa Mulyo Sari ada 30 rumah, Pagar Ayu 30 rumah serta Tegal Sari ada 31 rumah.

“Masing-masing rumah mendapat bantuan Rp. 17,5 juta,”ungkapnya, Rabu (16/10/2019) saat acara penyerahan bantuan rumah tidak layak huni.

Dia menambahkan kriteria rumah yang mendapatkan bantuan yakni bangunannya tidak layak,penghasilan dibawah umur. Kemudian rumah yang akan dibedah berdasarkan pengajuan dari desa serta persetujuan dari pusat.

Misal, pengajuan dari desa ada 60 rumah yang akan dibedah. Dari jumlah tersebut cuma 30 rumah disetujui.

Nah yang disetujui tadi dikembalikan ke desa. Supaya desa berembuk menentukan rumah-rumah yang akan dibedah.

Sementara itu Bupati Mura, Ir H Hendra Gunawan, mengatakan
program yang dijalankan pemerintah tidak lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Musi Rawas.

Sebagaimana jumlah RTLH di kabupaten Mura jumlahnya sebanyak 8005. Hendaknya bisa tuntas. Tapi didukung oleh masyarakat, tidak bisa hanya pemerintah saja.

Dia menjelaskan, Setiap rumah yang ikut program harus ada sertifikat. Jadi setiap rumah harus ada sertifikat, Kades membantu untuk mendapatkan sertifikat.

“Harapannya masyarakat swadaya, gotong-royong masyarakat untuk mendapatkan hasil rumah yang lebih bagus lagi,”Katanya sembari menegaskan kalau di Kabupaten Muratara sebanyak 186 desa dan tidak ada lagi desa tertinggal yang sebelumnya ada sebanyak 50an desa sangat tertinggal.

Diakhir kegiatan, Bupati Musi Rawas lakukan pengundian door prize yang mendapatkan handphone.

Untuk diketahui bantuan ini setiap rumah menerima uang total sebesar Rp17,500 per unit.

Reporter : Wan Asri