UKM BINA DARMA PROGRAMMER KEMBANGKAN LAYANAN ADMINISTRASI BERBASIS ANDROID DI KELURAHAN 16 ULU

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG –UKM Bina Darma Programmer merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa Universitas Bina Darma dimana kegiatan utamanya adalah mempelajari, memperdalam, dan mengaplikasikan kemampuan program (coding) dari beberapa bahasa pemrograman sehingga ke depan menjadi lulusan yang handal dan kompeten.


Tahun 2019 ini UKM Bina Darma Programmer mendapat kepercayaan dari Kementerian Ristekdikti melalui Program Hibah Bina Desa sebanyak 90 proposal yang diterima dari 2.190 proposal yang masuk dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatannya adalah mengembangkan layanan administrasi desa berbasis android terkhusus di wilayah Keluruahan 16 Ulu Kecamatan Seberang Ulu Dua Kota Palembang.

Proses yang berjalan saat ini terhadap pembuatan surat di kelurahan dapat dilakukan ketika warga telah meminta surat pengantar dari ketua RT. Warga harus membuat surat pengatar dari ketua RT dengan membawa persyaratan fotocopy KTP/KK dan faktur pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Kemudian ketua RT memberikan surat pengantar berupa selembar kertas kepada warga yang mengajukan. Kondisi ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus berhadapan langsung dengan ketua RT. Seringkali perangkat desa sulit bertemu langsung dengan warga atau sebaliknya dikarenakan kegiatan masing-masing.

Berdasarkan proses yang ada ini, UKM Bina Darma Programmer mengembangkan pelayanan dalam bentuk Aplikasi Administrasi Desa yang terorganisir sehingga dapat memudahkan warga dalam mengurus administrasi. Dikatakan terorganisir karena sistem informasi yang dibuat dapat mengontrol dan memonitor semua proses pengelolaan data dan juga dilengkapi dengan database yang berguna untuk menyimpan data-data yang ada serta memudahkan mencari data. Aplikasi ini digunakan untuk membantu pihak kelurahan melakukan pengolahan data secara otomatis dan tersimpan kedalam database, selain itu pihak kelurahan dapat:
1.memeriksa pengajuan surat dari ketua RT,
2.mencetak surat pengantar di kelurahan,
3.menginput data penduduk berdasarkan kartu keluarga,
4.mengelola data penduduk, menginput data pejabat kelurahan,
5.mengelola data wilayah administratif kelurahan,
6.mengelola data arsip surat,
7.menginput pengumuman kepada ketua RT, dan
8.menginput pengguna baru
Sedangkan dari pihak RT dapat membuat beberapa surat dengan menggunakan perangkat handphone berbasis android diantaranya surat pengantar, surat keterangan, surat keterangan tidak mampu, surat kematian, surat rujuk/cerai sehingga data secara otomatis terkirim ke dalam server.

Apa yang membuat aplikasi ini spesial? Ada tiga hal yang menjadikan aplikasi ini bernilai yaitu pertama terintegrasi dimana aplikasi ini menghubungkan antara Ketua RT dengan pihak Kelurahan dalam pelayanan administrasi warga, kedua efisien dimana aplikasi ini membantu Ketua RT dengan mudah melakukan pencarian data warga tanpa harus menulis kembali data-data yang ada untuk pengurusan administrasi, dan ketiga mudah digunakan dimana aplikasi ini berbasis android dengan menyediakan menu yang mudah digunakan. Kita tahu bahwa potensi yang ada dikelurahan 16 ulu ini dimana Ketua-ketua RT sudah mampu menggunakan handphone sebagai sarana komunikasi.

Kegiatan ini sudah dilakukan dengan memberikan Bimbingan Teknis kepada Ketua RT yang ada diwilayah Kelurahan 16 Ulu yang dihadiri oleh bapak M Ichsanul Akmal, S.Sos., M.Si. selaku Camat Kecamatan Seberang Ulu Dua, perangkat dari keluruhan 16 Ulu, dan Novri Hadinata, M.Kom. selaku Direktur Kemahasiswaan Universitas Bina Darma yang diselenggarakan di Aula Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc., Kampus Utama, Universitas Bina Darma. Setelah kegiatan ini dilaksanakan, tim dari UKM Bina Darma Programmer juga melakukan pendampingan kepada ketua RT dan staf kelurahan selaku user dalam penggunaan aplikasi.

Reporter : Sgw/rill