Dekan FKIP UTP : Mahasiswa Harus Mengambil dan Menciptakan Momen

Mahasiswa FKIP UTP Gelar Bazar dan Pasar Murah

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG – Dalam rangka menumbuhkan minat berwirausaha dalam lingkungan mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan ( FKIP) Universitas Tridinanti Palembang, menggelar acara bazar dan pasar murah, Senin (09/12). Acara yang cukup meriah ini dibuka langsung oleh Dekan FKIP Universitas Tridinanti Palembang, Prof. Dr. Rusman Roni, M.Pd. dengan ditandai pengguntingan pita.

Dekan memberikan sambutan

Turut hadir dalam acara pembukaan itu, para dekan di lingkungan UTP seperti Dekan Fakultas Ekonomi Dr Masayu Miteal, Dekan Fakultas Teknik Ir Ishak Efendi MT dan Dekan Fakultas Pertanian Dr Nasir M.Si. Juga hadir para dosen serta karyawan di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UTP.

Dekan FKIP Prof Rusman Roni dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang notobene nantinya akan menjadi sarjana. Menurutnya banyak orang besar lahir dan tercipta dari kesuksesan usaha yang mereka geluti seperti beberapa mantan dan Presiden Amerika Serikat saat ini.

Oleh karena itu menurut sosok yang ramah ini, nilai – nilai interpreneur itu harus sudah dilaksanakan mahasiswa sejak dini guna mencapai kesuksesannya. Ia berharap mahasiswa dapat mengambil dan menciptakan momen apalagi kesuksesan tidak hanya bisa dicapai lewat bekerja pada bidang atau badan – badan tertentu, akan tetapi berwiraswasta juga sangat baik untuk menuju sukses.

Sementara itu Dosen Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan, Mey Rizka Dwinanda, M.Pd mengatakan, jiwa entrepreneur sangat penting untuk ditumbuhkan dalam jiwa mahasiswa. Menurutnya, berdirinya suatu usaha itu bukan hal yang instan. Banyak kisah pengusaha sukses berawal dari dirintisnya usaha sejak kecil hingga bisa berkembang dengan pesat dan sukses.

Ia mengatakan, selama ini kebanyakan kendala bagi seseorang terutama mahasiswa yang mencoba untuk memulai usaha dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti takut mencoba, keterbatasan modal, inovasi, dan niat. Keempat faktor tersebut sebenarnya bisa diatasi jika seseorang memiliki pemikiran yang positif dan kreatif. Mahasiswa sebagai calon penerus bangsa harus menyikapi itu dengan baik untuk bisa memanfaatkan peluang yang ada.

Mey merasa bangga, karena lewat mata kuliah yang ia ampu, ada diantara mahasiswanya yang sudah mulai sukses merintis usaha bahkan sudah membuka beberapa cabang. Dosen yang murah senyum ini mengaku bahagia dengan usaha yang dirintis mahasiswanya tersebut, apalagi usaha itu sudah mulai bekerjasama dengan pihak ketiga untuk pemasarannya.

Salahstau peserta bazar Putri kepada Media ini mengaku bahagia dan bersyukur produk makanan olahan yang ia jual habis tak bersisa. Putri yang menjual nasi dengan varian sambel, ikan dan daging ayam ini berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan pihak fakultas karena sangat positif. “ Alhamdulilah pak, tidak sia – sia usaha saya untuk menampilkan menu – menu saya. Semuanya habis terjual,” ujar Putri sumringah.

Reporter : Sandri Gawoh