Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun,  Pendiri MER-C, dr Joserizal Jurnalis Telah Tiada  

MAKLUMATNEWS.com—Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun, telah meninggal dunia dr.Joserizal Jurnalis, pendiri organisasi sosial kemanusiaan untuk korban perang, konflik dan bencana alam yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan kesehatan ‘Medical Emergency Rescue Committee’ (MER-C), Senin, 20 Januari 2020 sekira pukul 00.38 di RS Harapan Kita, Jakarta. Jose berpulang ke rahmatullah dalam usia 56 tahun (11 Mei 1963 – 20 Januari 2020).

“Jenazah dr. Joserizal akan disemayamkan di Pendopo Silaturahim, Jl. Kalimanggis Raya No. 90 Cibubur, Bekasi, disholatkan bada Dzuhur di Masjid Silaturahim dan dimakamkan di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur,” demikian bunyi keterangan tertulis MER-C yang diterima media, Senin, 20 Januari 2020.

Joserizal merupakan dokter spesialis bedah orthopedi (bedah tulang) lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) sekaligus juga aktivis yang membantu masyarakat korban perang. Bukan hanya di Indonesia, nama Jose sudah melanglangbuana ke seluruh dunia. Terutama daerah konflik.

Hal ini dikarenakan ia kerap memberikan pertolongan medis di wilayah-wilayah konflik. Mulai dari konflik Ambon, Maluku, Mindanao, Afganistan, Irak, bahkan hingga Gaza. Di Gaza, Jose adalah inisiator berdirinya Rumah Sakit Indonesia.

Menikah dengan Dian Susilawati, Joserizal memiliki tiga anak. Joserizal merupakan putra dari Prof Jurnalis Kamil, muslim intelektual yang pernah menjabat Rektor Universitas Andalas, Padang, Sumatra Barat pada periode 1984-1993, sedangkan ibunya, Zahara Idris juga seorang akademisi.

Allahumaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu. Ucapan duka cita dan doa pun mengalir di media sosial twitter. Antara lain dari Sahabat Al-Aqsa.(*)

Editor : Aspani Yasland