Pelayanan PDAM Dinilai Makin Buruk, PDAM : Ditemukan Banyak Pipa Yang Bocor

MAKLUMATNEWS.com, PALI — Keluhan pelanggan PDAM Tirta PALI Anugerah yang mengatakan makin buruknya pelayanan PDAM dalam mensuplai air bersih ke warga Kabupaten PALI disebabkan oleh banyak ditemukan pipa PDAM yang bocor.

Hal itu dikatakan langsung oleh Plt. Direktur PDAM Tirta PALI Anugerah, Puryadi ketika disambangi media ini, Senin (20/1/2020) di kantornya di Lembah Golf, kelurahan Handayani Mulya.

Lebih lanjut dikatakan oleh Puryadi bahwa salahsatu penyebab pipa PDAM bocor tersebut yaitu faktor usia pipa atau sudah mulai tua, yang mana merupakan peninggalan dari PDAM Lematang Enim.

“Asset yang diberikan oleh PDAM Lematang Enim kebanyakan sudah tua, dan rawan rusak. Alhasil, pelayanan menjadi kurang maksimal karena banyak pipa yang bocor. Selain itu, kendala lain permasalahan listrik yang sering padam, hal itu menyebabkan suplai air dari Lematang Enim menjadi terganggu,” jelas Puryadi.

Bahkan, Ia mengaku turut ke lapangan untuk mengecek dan memperbaiki pipa yang bocor. Terkait tarif yang semakin mahal, Puryadi menjelaskan bahwa hal itu dikarenakan pelanggan telah membuka kran meteran air, sebelum air itu hidup.

“Jadi begini, sebelum air mengalir para pelanggan telah membuka meteran air. Padahal air tersebut belum keluar, yang keluar hanya angin. Itu menyebabkan kran meteran tersebut sudah mulai dihitung. Kami menyarankan kepada pelanggan, untuk memastikan terlebih dahulu air mengalir atau tidak, sehingga bayaran tidak menjadi mahal,” jelasnya.

Saat ini para petugas PDAM lanjut Puryadi tengah memperbaiki pipa-pipa yang bocor.

“Perbaikan pipa bocor sendiri dengan cara mengganti pipa. Makanya, perlu waktu seharian untuk memperbaiki satu titik pipa bocor. Sementara, ada belasan sampai puluhan titik pipa yang bocor. Ditambah lagi, kami kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten. Untuk itu, kami mohon maaf kepada para pelanggan atas pelayanan kami yang belum maksimal,” pungkasnya.

Sebelumnya, diberitakan bahwa pelanggan PDAM Tirta PALI Anugerah mengeluhkan pelayanan PDAM yang semakin buruk, hal itu disebabkan oleh karena air bersih mengalir satu minggu sekali, ditambah pembayaran yang semakin mahal.

Reporter : Habibi