Jangan Jauhi dan Kucilkan Penderita Kusta

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Dalam rangka memperingati Hari Kusta Internasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari, Dompet Dhuafa Volunteer mengadakan kegiatan sosialisasi dan berbagi kasih kepada pasien kusta di Rs. Dr. Rivai Abdullah, Sabtu ( 25/01/20).

” Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada pasien kusta agar terus bersemangat dalam menjalani kehidupan” ujar Muhammad Lifi Keritama dalam sambutannya sebagai ketua pelaksana kegiatan.

Kegiatan ini merupakan kali kedua bagi Dompet Dhuafa Volunteer dalam memperingat Hari Kusta Internasional di tempat yang sama. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 pasien kusta dan 36 relawan dari Dompet Dhuafa Volunteer. Adapun pasien Kusta ini merupakan warga kampung Kundur yang berada tepat di belakang Rs. Arivai Abdullah jl. Sunai Kundur, Maryana kab. Banyuasin 1.

Kegiatan dengan tema “Stop Diskriminasi, Mari Peduli” ini diisi dengan beberapa kegiatan yaitu permainan,konseling, dan bernyanyi bersama. Dalam sesi permainan, relawan memberikan beberapa permainan yang menghibur pasien. Salah satunya yaitu tebak gaya. Para pasien yang rata-rata sudah lanjut usia tersebut bersemangat dalam mempraktekan gaya yang akan ditebak. Tawa dan kebahagiaan nampak jelas dari raut wajah pasien seolah mereka baik-baik saja.

Kegiatan selanjutnya yaitu konseling, satu pasien diberikan satu relawan sebagai pendamping. Dalam sesi ini pasien dituntun untuk menceritakan pengalamannya.

Salah satunya adalah ibu Lina, perempuan berusia 27 tahun ini bercerita mengenai beberapa pengalaman sedihnya ketika sakit. Namun ibu Lina tetap tegar dan bersemangat untuk terus menjalani hidup. ” Ya semangat sajalah, di kasih penyakit sebenarnya siapa yang mau. Tapi kita cuma bisa jalani dengan tetap bersyukur” ujarnya sembari tersenyum dalam sesi konseling.

Setelah kegiatan konseling, kegiatan dilanjutkan dengan bernyanyi bersama. Saat bernyanyi, pasien diberikan masing-masing satu tangkai bunga dari para relawan. Hal ini dilakukan guna menambah semangat para pasien untuk tidak menyerah walaupun ditimpa musibah.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 08.00-13.00 wib ini diakhiri dengan pemberian sembako berupa beras dan dua kotak susu oleh Dompet Dhuafa Volunteer kepada masing-masing pasien yang diharapkan dapat memberikan manfaat kepada para pasien penderita kusta.

Penulis : Intan, Mahasiswa Magang UIN RF