Siswa Filial Bakal Diberikan Penguatan Mental Spiritual

MAKLUMATNEWS.com,PALEMBANG –Guna memaksimalkan pembinaan siswa filial di Palembang yang memiliki beragam latar belakang, mulai dari anak jalanan, anak putus sekolah dan anak tersangkut pidana, program sekolah filial kini juga akan konsen dalam penguatan karakter berupa program penguatan mental spiritual.

Pasalnya, tak bisa dipungkiri bahwa dari etika, sopan santun hingga minat belajar siswa anak jalanan dan anak putus sekolah memang perlu dilakukan terus ditingkatkan.

Demikian dikatakan Kepala Sanggar Kegitan Belajar (SKB) Palembang Herman Wijaya, Rabu (12/2/2020).

Menurutnya, sekolah filial yang saat ini dibina dan diajar oleh guru-guru Sampoerna Foundation terbagi di SKB dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak.

“Untuk pembinaan karakter, kita akan buat program kerohanian, ceramah rutin, dengan kerjasama dengan Pesantren untuk pembangunan mental anak,” jelasnya.

Menurut Herman, yang sudah berjalan saat ini adalah pembinaan dari Polda Sumsel melalui Bidang Masyarakat (Binmas) Polda Sumsel yang melakukan sosialisasi sadar hukum dan tindakan disiplin.

“Selain itu, kita ditahun ini memang tengah mendapat bantuan dari DID Pemerintah Pusat sebesar Rp7,8 miliar. Dan ini nanti kita juga buat sarana dan prasaranan berkaitan dengan keterampilan,” jelas Herman.

Dikatakannya, anggaran tersebut akan dialokasikan di SKB dan Lapas Anak Palembang dengan pembuatan program bengkel edukasi. Mulai dari salon dan tata rias, menjahit, laboraturium kompurer dan lainnya.

“Semua itu dalam rangka menyiapkan anak-anak untuk siap berkreasi, berinovasi dan berwirausaha,” ucapnya.

Memang diakui, bahwa saat ini minat belajar sisea filial masih kurang. Hal itu dapat dilihat dari kehadiran siswa yang saat ini masih minim.

“Padahal siswa kita banyak, untuk paket A atau SD saja, 29 siswa, paket B atau SMP 71 siswa dan paket C atau SMA 148 siswa,” pungkasnya.

Reporter -Sugi