KKN Ke 72 UIN Raden Fatah Di Kabupaten OKI Berakhir

Misroni : Sangat Berkesan, Mahasiswa Kita Diterima dan Berbaur Dengan Masyarakat

MAKLUMATNEWS.com, KAYUAGUNG – KKN angkatan 72 mahasiswa UIN Raden Fatah tahun 2020 yang dimulai 13 Januari 2020 lalu berakhir. Sabtu, 21 Februari 2020, sebanyak 1860 mahasiswa dari berbagai fakultas di lingkungan UIN RF mengahiri pengabdian mereka.

KKN yang bertema “KKN Berbasis Riset dan Pengembangan Potensi Lokal Berkarakter” ini berlangsung selama 40 hari di 10 Kecamatan yakni, Kecamatan Mesuji Raya, Lempuing Raya, Lempuing, Teluk Gelam, Tanjuk Lubuk, Pedamaran Timur, Pedamaran, Sirah Pulau Padang, Jejawi dan Kecamatan Kayuagung.

KKN yang dilakukan mahasiswa ini, diakui sangat berkesan. Selama KKN, mahasiswa dapat melaksanakan program pengabdian masyarakat khusus pengembangan potensi lokal serta membangun dan menanamkan nilai – nilai agama yang selama ini mereka dapatkan di bangku kuliah.

Robby Acort, mahasiswa Fakultas Dakwah Jurusan Jurnalistik, mengaku sangat berkesan dengan antusias masyarakat yang mengikuti kegiatan mereka. Mahasiswa tidak merasa asing berada di tengah – tengah masyarakat karena nilai silaturahmi yang dikedepankan. Bermodalkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah mahasiswa mampu memberikan berbagai program terbaiknya ditengah- tengah masyarakat.

Salah satu Dosen Pembimbing Lapangan Misroni Felaga, SPd, M.Hum, juga mengaku bangga dan sangat berkesan selama melakukan pendampingan kepada mahasiswa. “ Mahasiswa kita diterima, berbaur dengan masayarakat sehingga mudah untuk melaksanakan programnya,” ujar Misroni.

Sekretaris Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora ini mengaku, Ia menjadi DPL Di Kecamatan Mesuji Raya, tepatnya di Desa Berlian Makmur dan Mataram. Kecamatan Mesuji Raya termasuk salah satu Kecamatan dengan luas wilayah besar di Kabupaten OKI.

Diuraikan Misroni, meskipun berada di tengah desa dengan penduduk yang berbeda baik suku, ras maupun agama. Namun persatuan dan silaturrahmi masayarakat sangat baik dan membanggakan. “ Kebetulan di tempat saya, penduduknya beragama Hindu, tapi saya sangat takjub dan bangga terhadap nilai – nilai persatuan masyarakat di sana,’ujar Misroni.

Sebelumnya, saat acara penerimaan mahasiswa KKN UIN RF, Asisten I Setda OKI dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak UIN Raden Fatah Palembang yang telah menempatkan 1860 mahasiswanya untuk ber-KKN di OKI. “ Kami mohon mahasiswa KKN UIN Raden Fatah Palembang dapat berkolaborasi dengan mahasiswa KKN dari UNSRI dan UNISKI. Selanjutnya, kami menerima mahasiswa UIN untuk ber-KKN di OKI,” ujarnya saat itu.

Reporter : Sgw