Tampil Modis dengan Masker Manik-Manik

92

 

MAKLUMATNEWS.com — Masker hias menjadi salah satu pilihan bagi sebagian kaum hawa, karena tidak hanya mengantisipasi terpapar virus tetapi juga tetap bisa berpenampilan modis.

“Kami memeroduksi masker dengan berbagai hiasan, seperti payet dan manik-manik,” kata salah seorang perajin masker, Maya, di Palembang, Senin, 22 Juni 2020.

Ia menjelaskan, di tengah pandemi COVID-19 harus kreatif untuk tetap bertahan, karena itu sebelumnya membuat bros dan macam-macam hiasan kini sepi pembeli.

“Beralih membuat masker hias, dampaknya sangat signifikan banyak peminat dan penjualan terus meningkat,” ujar dia.

Dia menambahkan, untuk membuat masker bukan hanya diminati untuk tampil lebih menarik dengan masker namun peminatnya juga datang dari calon pengantin yang memesan khusus.

Pesanan masker bagi pengantin biasanya dibuat dengan motif yang lebih mewah dan berwarna disesuaikan dengan pakaian yang dikenakan, tambah dia.

Dikatakannya, pembuatan masker sendiri dilakukan secara manual (handmade) dan di pasarkan melalui Media Sosial (Medsos), Instagram dan Facebook.

Khusus untuk pembuatan satu masker pengantin, lanjutnya, membutuhkan waktu paling cepat dua hari. Bahkan jika banyak pesanan bisa mencapai dua minggu. Hal ini, karena keterbatasan SDM dan sistem penjualan secara pre order.

Diceritakannya, pembuatan masker pengantin, ia memakai bahan yang aman dan lembut yakni kain katun okspord, satin mengkilat dan kain songket. Sedangkan untuk harga dipatok kisaran Rp25-110 ribu tergantung tingkat kesulitan motif dan bentuk jahit payet.

“Konsumen juga bisa custom, harga Rp 25 ribu motif simple untuk sulam kalau full payet bisa Rp 85 ribu satu masker. Awalnya lihat referensi desain dari YouTube, apalagi kita otodidak. Kadang juga sharing motif sama temen komunitas Sumsel Crafter,” jelasnya.

Ia berencana memasarkan produknya lebih luas ke luar Palembang atau mungkin bakal melakukan kerja sama dengan pihak Make Up Artist (MUA) di Palembang agar masker pengantin miliknya dapat melebarkan sayap.

“Apalagi dari hasil share, kalau ada yang pesan ke luar kota dilayani tapi ongkir ditanggung konsumen. Pemesanan bisa melalui WhatsApp 085273393996 atau di facebook Kiki Kencana Sari dan instagram @zaviershops dan aya_anggraini89,” katad dia.

Anggraini salah seorang pembeli masker hias mengatak memilih masker yang dipenuhi manik-manik membuat penampilan berbeda meskipun tidak menggunakan”make up”

Harga ditawarkan penjual mulai dari Rp25 ribu per helai masker hias, kata dia, sebagaimana dikutip MAKLUMATNEWS.com dari wongKito.co. (*)

 

Editor : Aspani Yasland