Berikan Keringanan UKM, PGRI Tetap Survive di Tengah Pandemi

11

MAKLUMATNEWS.com,PALEMBANG — Kendati pun banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang kewalahan secara finansial ditengah Pandemi Covid-19, akan tetapi tidak untuk Universitas PGRI Palembang.

Pasalnya, sebagai salah satu PTS di Kota Palembang, Universitas PGRI memberikan gaji tepat waktu kepada semua karyawan, staf dan dosen di tengah Pandemi Covid-19 ini.

Malahan, pihak Universitas PGRI Palembang merespon baik tentang himbauan Gubernur Sumsel H Herman Deru tentang keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau di Universitas PGRI Palembang disebut Uang Kuliah Mahasiswa (UKM).

“Secara umum, kami Universitas PGRI Palembang tetap berusaha survive, meski pun Pandemi ini berimbas ke semua lini termasuk di sektor pendidikan. Dan kita telah memberikan hak-hak karyawan tetap tepat waktu dari karyawan, staf hingga dosen,” ujar Kabag Humas, Promosi dan Kerjasama Universitas PGRI Palembang, Dr Mulyadi MA, Selasa (30/6/2020).

Ia menambahkan, bahwa secara operasional kampus memang sedikit bergeser yang awalnya aktivitas kampus full belajar antara mahasiswa dan dosen, lain halnya pada saat Pandemi Covid-19.

Pasalnya, aktivitas perkuliahan di Universitas PGRI Palembang sejak Palembang ditetapkan social distancing, pihak Universitas PGRI Palembang telah memberlakukan kuliah dalam jaringan (daring), termasuk juga seminar, talkshow, penjajakan kerjasama, yudisium hingga wisuda.

“Sehingga kami tak ada kegiatan face to face di kampus, kita lakukan secara online. Dan kesiapan IT tak ada masalah. Dengan begitu, pengeluaran secara finansial bergeser menjadi pengeluaran internet,” urainya.

Terkait keringanan UKM bagi mahasiswa, Mulyadi mengaku sudah melakukan sosialisasi kepada semua mahasiswa agar mengajukan keringanan UKM bagi mereka yang terdampak langsung seperti orang tuanya yang di PHK, dirumahkan dan tak memiliki pekerjaan.

Menurutnya, nama-nama mahasiswa sudah difervikasi dan diajukan ke L2DIKTI sebagaimana laporan proses pengajuan keringanan UKM. “Untuk besaran kita masih menunggu Juknis dari Pak Gubernur,” jelasnya.

Meski begitu, Mulyadi mengatakan bahwa jauh sebelum ada Pandemi Covid-19, Universitas PGRI Palembang telah memberikan keringanan UKM.

Mulai dari potongan UKM bagi anak guru sebesar 59 persen, kemudian beasiswa Fakultas MIPA jurusan Fisika, FKIP jurusan Fisika dan perikanan dengan setia tahun menyediakan 15-20 kuota mahasiswa kuliah gratis.

“Dan beberapa sekolah di kabupaten/kota yang sudah kerjasama dengan kita, diskon UKM hingga 25 persen,” pungkasnya.

Reporter : Sugi