Untuk Lebih Aman Dari Penyebaran Covid19, Ponpes Ar Riyadh Hanya Terima 100 Santri

24

MAKLUMATNEWS.com,PALEMBANG – Menjelang tahun ajaran baru pada dunia pendidikan di era New Normal khususnya pondok pesantren (ponpes) di Kota Palembang salah satunya Ponpes Ar Riyadh sudah kembali secara bertahap.

Biro Keuangan ponpes Ar riyadh, Habib zen al habsyi mengatakan pesantren telah menyiapkan berbagai prosedur dan sistem yang disesuaikan dengan protokoler kesehatan menghadapi new normal.

“Kita sediakan cuci tangan di depan, hand sanitizer dan pengecekan suhu,” katanya.

Pada tahun ajaran baru, Ponpes Ar-Riyadh menerima 100 santri baik dari tsanawiyah maupun Aliyah. Untuk proses belajar mengajar dan siap diasramakan pada tanggal 5 Agustus 2020 dan, sedangkan santri lama masuk di tanggal 7 Agustus 2020. Untuk para santri yang akan memasuki ponpes diharapkan memenuhi beberapa syarat salah satunya surat keterangan covid test.

“Kita sudah penerimaan berkas pendaftaran dan test sudah selesai setelah lebaran kemarin. Ketika datang, nanti santri harus membawa surat keterangan dari dokter dan surat test covid, memakai masker, kita sediakan wastafel cuci tangan dan setiap hari santri dicek suhu,”Ungkapnya, saat ditemui selasa (30/06/2020).

Habib zen mengatakan, pondok pesantren sebetulnya lebih aman dari penyebaran virus karena tidak berbaur dengan dunia luar.

“Untuk sekarang Wali santri setiap ahad jika menemui anaknya harus tunggu diluar pagar dan tidak boleh masuk, parkir motor juga diluar, “Katanya.

Kegiatan sehari-hari di lingkungan pondok pesantren tetap berjalan normal, Namun untuk kegiatan yang diadaka diluar lingkup ponpes kita hentikan sementara.

“Biasanya kegiatan diluar santri main futsal, dakwah seminggu dua kali ke SD tiap jum’at bagi junior dan malam ahad ke mushola/masjid bagi aliyah. Namun dihentikan dulu keluar untuk sementara waktu,”Katanya.

Reporter : Tri Jumartini