PALEMBANGPARIWISATA

Ada Lukisan Mural Perang Lima Hari Lima Malam Dibakso Granat Mas Aziz Bukit

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Peresmian lukisan Perang Lima  Hari Lima  Malam  karya Reza Maulana di Gerai Bakso Granat Mas Aziz Bukit di Jalan Srijaya Negara, Palembang, Kamis (6/1) malam berlangsung meriah. Peresmian  langsung di pimpin  oleh Sultan Palembang Darussalam,  Sultan Mahmud Badaruddin IV Jayo Wikramo R.M.Fauwaz Diradja SH Mkn dengan menadatangani langsung  papan prasasti.

Turut hadir Pemerhati Sejarah Kebangsaan sekaligus Ketua PKB Sumatera Selatan (Sumsel) Ramlan Holdan, Ketua Panitia Bersama Peringatan Perang Lima  Hari Lima  Malam, Vebri Al Lintani, perwakilan 55 komunitas di kota Palembang, sejarawan Sumsel Kemas Ari Panji, Aziz selaku pemilik beberapa gerai bakso Granat Mas Aziz dan perwakilan dari Bintaldam II Sriwijaya.

Peresmian tersebut sekaligus Panitia Bersama Peringatan Perang Lima  Hari Lima  Malam menggelar syukuran serta pembubaran kepanitiaann atas terlaksananya kegiatan pawai dan rangkaian kegiatan lainnya dalam peringatan Perang Lima Hari Lima Malam

Lukisan sebesar 3×4 M sendiri  dipesan langsung  oleh Aziz selaku pemilik beberapa gerai bakso Granat Mas Aziz.

Menurut Aziz  lukisan mural ini dibuat atas dasar kecintaannya  akan perjuangan para pahlawan yang mempertahankan kedaulatan bangsa ini dari kolonial Belanda dalam Perang Lima Hari Lima Malam tepatnya 1 sampai 5 Januari 1947, sekaligus mengapresiasi kerja kawan kawan 55 komunitas yang telah sukses mengelar rangkaian kegiatan selama lima hari dan pawai Perang Lima Hari Lima Malam.

” Malam ini lukisan mural Perang Lima Hari Lima Malam kita siapakan, agar kegiatan memperingati Perang Lima  Hari Lima  Malam  terus berlanjut paling tidak diketahui oleh pengunjung  dan pelanggan yang makan bakso di bakso Granat Mas Aziz. Selain itu kita membuat membuat player hari pertama kejadiannya  sampai dengan hari kelima,” katanya.

BACA JUGA  Merasa Dirugikan Pasca Terbitnya Permendagri 134 Tahun 2022, Warga Cluster Alexandria Kelurahan15 Ulu Ajukan Yudicial Review

Selain itu pembeli menurutnya bisa melihat player tersebut sebelum pesanan datang dan bisa  belajar sejarah konsep yang pihaknya  terapkan adalah belajar sejarah lewat kuliner,” kata Aziz.

Menurut Aziz setiap gerai bakso Granat Mas Aziz akan dijadikan tempat untuk belajar sejarah perjuangan mempertahankan negara terutama Palembang khususnya dan Sumatera Selatan pada umumnya.

Pemerhati Sejarah Kebangsaan sekaligus Ketua PKB Sumatera Selatan (Sumsel) Ramlan Holdan menilai edukasi sejarah lewat kuliner dinilainya terobosan baru di dunia kuliner.

“Salut untuk mas Aziz, mudah mudahan edukasi sejarah lewat ini dapat membangkitkan kembali semangat untuk lebih mencintai negeri ini” kata Ramlan.

Sultan Palembang Darussalam,  Sultan Mahmud Badaruddin IV Jayo Wikramo R.M.Fauwaz Diradja SH Mkn mengaku secara pribadi sampai sekarang ini terus terang belum move on dengan kebersamaan yang telah terjalin selama kegiatan peringatan  Perang Lima Hari Lima Malam ini.

“Luar biasa 55 komunitas ini telah bahu bahu bergotong royong tanpa ada pamrih dalam menyukseskan kegiatan peringatan Perang Lima  Hari Lima Malam ini, kebersamaan ini harus terus terjalin dan terus ditingkatkan,” katanya.

Malam ini menurutnya penanda kebersamaan  tersebut ada di Gerai Bakso Granat Mas Aziz, lewat Lukisan Mural Perang Lima Hari Lima Malam yang terpajang didinding.

“Paling tidak mata pengunjung ketika masuk tatapan mata pengunjung langsung tertuju ke lukisan mural Perang Lima  Hari Lima Malam,” katanya.

Ketua Panitia Bersama Peringatan Perang Lima  Hari Lima  Malam, Vebri Al Lintani mengucapkan ribuan terimakasih kasih kepada seluruh panitia bersama kegiatan ini .

“Hanya ucapan terimakasih yang bisa saya sampaikan kepada seluruh kawan kawan komunitas yang telah berjibaku hingga kegiatan kita berjalan dan terlaksana dengan sukses, terimakasih kasih kawan untuk kebersamaan ini, malam secara resmi panitia kegiatan Perang Lima  Hari Lima Malam saya nyatakan dibubarkan,” kata Vebri.

BACA JUGA  Heri Amalindo Hadiri Pemilihan Bujang Gadis Kesehatan Kota Palembang 2023

Reporter : Trijumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button