PAGARALAM

Saluran Irigasi Ambruk Ratusan Ladang Sawah Terancam Kekurangan Air

MAKLUMATNEWS.com PAGAR ALAM – Saluran irigasi ataghan sawah panjang ambruk, hal menyebabkan kekhawatiran warga setempat khususnya pemilik sawah yang menggunakan irigasi tersebut sebagai sumber pengairan, Jum’at (7/1).

Ataghan sawah panjang masuk di wilayah desa belumai Kelurahan Ulu rurah Kecamatan Pagar Alam Selatan Kota Pagar Alam. Diperkirakan ambruknya saluran irigasi tersebut akan berdampak pada ratusan ladang sawah yang akan kekurangan air.

Terkait hal ini, M Dawi salah seorang pemilik sawah yang menggunakan irigasi tersebut untuk mengelolah sawah dan ladang miliknya mengungkapkan, ambruknya saluran irigasi ini berdampak pada Area persawahan bukan hanya miliknya saja.

“Tentunya akan menimbulkan kekhawatiran warga, kalau irigasi tersebut rusak pasti aliran air ke sawah akan tersendat ,” ungkapnya.

Hal serupa juga diutarakan Edy Septiansyah, Dikatakan Edy, jika irigasi rusak pasti aliran air akan berkurang, hal ini ditakutkan para pemilik sawah apalagi sekarang masuk musim tanam.

“Ini masuk musim tanam, ditakutkan akan kurangnya pasokan air, disini bukan hanya sawah saja tapi ada juga beberapa kolam ikan juga yang menggunakan air dari irigasi ini, ” imbuhnya.

Para petani pemilik sawah ataghan sawah panjang ini berharap saluran irigasi tersebut cepat diperbaiki,  untuk sementara waktu warga setempat melakukan perbaikan Swadaya agar dampak ambruknya saluran irigasi tersebut tidak semakin parah.

Reporter : Lianpga

BACA JUGA  Matangkan Persiapan Pemilu 2024, KPU Kota Pagar Alam Gelar Rakor Training Of Trainers Bimbingan Teknis KPPS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button