NASIONAL

Usai Dari Turki : Artis Ashanti dan Lima Anggota Rombongannya Positif Covid 19

MAKLUMATNEWS.com, JAKARTA — Penyanyi Ashanty dan lima anggota rombongannya terkonfirmasi positif Covid-19 sesampainya di Indonesia seusai berlibur di Turki. Kabar Ashanty dan lima anggota rombongan keluarga besarnya positif Covid-19 disampaikan oleh Kabid Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Hery Trianto. “Rombongan keluarga besar itu jumlahnya 13 orang. Sebanyak enam orang positif Covid-19,” kata dia ketika dihubungi, Jumat (7/1).

Belum diketahui pasti di mana Ashanty dan lima anggota keluarga besarnya terinfeksi Covid-19. Adapun Ashanty menyebut dirinya dinyatakan negatif Covid-19 saat menjalani tes PCR di hotel dan bandara Turki.

Hery menyebut, selain enam anggota rombongan keluarga Ashanty, terdapat pula sembilan penumpang lainnya yang positif Covid-19. Mereka tiba di Indonesia menggunakan penerbangan sama dengan keluarga besar Ashanty. “(Total) dalam penerbangan yang sama ada 15 yang positif,” ucap Hery.

Herry menambahkan, pihaknya belum mengetahui apakah 15 orang itu terjangkit varian omicron atau tidak. Varian yang menginfeksi akan diketahui seusai tes Whole Genome Sequencing (WGS) mereka rampung. “Variannya baru diketahui setelah hasil WGS keluara ya,” ujarnya.

Sebelumnya, Ashanty dan keluarganya beserta keluarga menantunya, Atta Halilintar, berlibur ke Turki selama dua pekan. Sebagian dari anggota rombongan keluarga besar itu dinyatakan positif Covid-19 saat tiba di Tanah Air.

Berdasarkan unggahan di media sosial, Ashanty bersama keluarga besar tiba di Indonesia pada Kamis (6/1). Setibanya di Jakarta, Ashanty sekeluarga menjalani karantina di sebuah hotel di Jakarta Pusat.

Lewat akun Instagram pribadinya @ashanty_ash pada Jumat, Ashanty membenarkan bahwa dia terinfeksi Covid-19. Dia diketahui positif setalah melakukan tes PCR di Indonesia. Padahal, kata Ashanty, dia negatif Covid-19 saat menjalani tes PCR di hotel dan bandara Turki.

Lantaran positif Covid-19, Ashanty memutuskan untuk pindah karantina dari hotel ke rumah sakit. “Dikarenakan saya punya penyakit autoimune dan demi keselamatan saya, akhirnya saya isolasi di RS yang sudah disetujui Satgas Covid-19,” kata istri dari Anang Hermansyah ini.

Jauh sebelum Ashanty dan keluarga besarnya pergi liburan ke Turki, sebenarnya Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sudah menyampaikan peringatan. Menkes meminta para orang kaya di Indonesia untuk tidak berlibur ke luar negeri saat periode libur Natal dan tahun baru 2021. Sebab, orang yang berlibur ke luar negeri dapat tertular virus corona varian omicron dan menyebarkannya di Tanah Air.

Editor : SGW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button