LIFESTYLEPARIWISATA

Libur Pajang Akhir Pekan, Adanya di Gambia, Afrika Barat

MAKLUMATNEWS.COM –Siapa yang enggak iri dengan Gambia. Negara kecil di Afrika Barat yang berbatasan dengan Senegal ini memberlakukan weekend pada Jumat, Sabtu, dan Minggu (ahad) . Bisa puas liburan selama tiga hari tentunya. Asyik juga ya.

Lain lagi dengan Brunei Darussalam. Negara tetangga kita ini pun punya keunikan soal libur akhir pekan. Mereka  libur kerja yang nggak berdekatan, lho. Jika biasanya Sabtu dan Ahad atau Jumat dan Sabtu, di Brunei Darussalam jatuh pada Jumat dan Minggu. Ya, hari Sabtu tetap masuk.

Nah, sedangkan untuk negara-negara muslim di dunia seperti Saudi Arabia, UEA, Afganishtan dan Bangladesh, memilih Jumat dan Sabtu sebagai hari libur kerja. Alasannya karena Jumat dianggap sebagai hari baik. Selain itu, negara-negara tersebut ingin menyediakan waktu bagi warganya untuk lebih total beribadah dan memiliki waktu istirahat yang cukup.

Indonesia ? Hampir sama dengan negara-negara di dunia.  Mayoritas negara-negara di dunia khususnya negara barat memilih Sabtu dan Minggu (ahad) sebagai waktu bebas kerja. Kenapa Indonesia mengikuti tradisi bangsa barat?

Jadi, pemilihan Sabtu dan Ahadini pun tidak lepas dari sejarah bangsa Romawi Kuno. Dahulu, bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italia menguasai banyak negara Eropa seperti Belanda, Prancis, Jerman, dan Portugal. Saat berkuasa, bangsa Romawi Kuno percaya bahwa Minggu adalah hari baik untuk ibadah. Minggu juga hari suci bagi kaum Nasrani.

Bangsa Romawi Kuno ini memiliki kebiasaan menandai hari Ahad dan hari penting lainnya dengan warna merah. Pengaruh bangsa Romawi Kuno inilah yang akhirnya menyebar ke negara-negara kekuasaannya di Eropa, salah satunya adalah Belanda.

Seperti yang kita tahu, Belanda mengusai Indonesia selama ratusan tahun. Dalam kurun waktu itu, tradisi hari libur yang diperoleh Belanda dari bangsa Romawi Kuno pun menurun ke Indonesia. Sejak saat itu, hari Ahad pun ditetapkan sebagai hari libur bagi para pekerja Indonesia. Sekarang, tradisi tersebut tetap dipertahankan.

Negara-negara kolonial yang datang ke Indonesia tidak hanya datang mengambil rempah dan meninggalkan kisah kelam penindasan, tapi mereka pun membawa budaya dan tradisi ke Indonesia yang tanpa disadari telah menurun dan melebur dalam budaya Indonesia. (dilansir oleh https://phinemo.com/kenapa-weekend-jatuh-pada-sabtu-dan-minggu).

Editor: Bangun Lubis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button