PAGARALAM

Wako Pagaralam : Masyarakat Jangan Panik, Tetap Tenang Karena Kenaikan Level Dempo Sudah Biasa  

MAKLUMATNEWS.com – PAGARALAM – Terkait dengan peningkatan aktivitas Gunung Dempo Pagar Alam Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni mengatakan peningkatan Status Waspada Level II Gunung Api Dempo tidak memicu keamanan GAD, serta kawasan wisata serta pendakian sementara ini belum ditutup, Sabtu (8/1).

Dikatakan Walikota, Jika membaca dari sejarah perjalanan status Gunung api Dempo, kenaikan level jadi Waspada sudah rutin hampir setiap tahun bahkan tahun 2009 pernah mengeluarkan hembusan sehingga mengakibatkan hujan abu.

“Kondisi ini tidak memicu keamanan GAD sifatnya hanya mengeluarkan energi yang sudah tersimpan selama satu tahun, tapi yang perlu di warning para pendaki dan warga sekitar air Bayaw jika terjadi hembusan dan banjir lahar dingin dapat berbahaya,” ujar Walikota.

Walikota juga menghimbau masyarakat Kota Pagar Alam untuk tidak panik tetap tenang seperti biasa namun masyarakat juga harus tetap waspada sesuai dengan status Gunung api Dempo.

“Waspada tetap harus, sesuai dengan status level 2, sementara Sampai saat ini pendakian masih belum ditutup, ” imbuhnya.

Sebelumnya terkait hal ini Kepala Pos Pemantau Gunung Api Dempo (GAD) Megian Nugraha mengharapkan masyarakat tidak panik dan tetap tenang serta tidak terpancing isu-isu hoax.

“Kepada masyarakat Pagaralam untuk tetap tenang, Dan tidak terpancing isu-isu hoax, Dan tetap mengikuti info dari petugas pvmbg pos pga dempo serta BPBD,” ungkapnya.

Dikatakan Megian,  Fenomena perubahan status seperti merupakan hal biasa bagi Gunung Api yang aktif, seperti Gunung Dempo Pagar Alam ini.

“Karena fenomena kenaikan status merupakan hal yang biasa untuk Gunung api aktif, untuk itu tetap tenang, ” tukasnya.

Reporter : Lianpga

BACA JUGA  RT dan RW Di Pagaralam Diminta Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button