OKU SELATAN

Di OKU Selatan, Pengantin Baru Diberi Gelar  ( Adok ) Sebagai Pertanda Sudah Menikah

MAKLUMATNEWS,com. MUARADUA — Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan selain terkenal akan keindahan pariwisatanya juga terkenal kaya akan adat istiadat, salah satu adat istiadat yang tetap di lestarikan di masyarakat OKU Selatan yaitu pemberian gelar (adok) untuk kaum pria dan inai untuk kaum perempuan. Seperti hal yang ditemui media ini pada resepsi pernikahan Eddi Sujana dan Sunarti di Desa Mehanggin,  Kecamatan Muaradua (9/1).

 

 

Ketua adat Desa Mehanggin Ngaran menceritakan, pemberian gelar dan inai merupakan tradisi adat yang turun – temurun di Desa Mehanggin. ,Gelar diberikan kepada mempelai laki – laki sementara Inai diberikan kepada mempeleai perempuan, tambahan nama gelar atau inai ini akan di pakai dalam keseharian kedua mempelai baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat setelah resmi menikah.

Gelar dan inai memiliki arti sebagai pertanda seorang perjaka dan gadis telah mengikat tali pernikahan melalui tata krama adat. Gelar dan inai juga menunjukkan jalur kedudukan status dalam keluarga dan masyarakat.

Penyampaian gelar dan inai pun di mulai dengan lagu – lagu daerah yang sering di sebut Andai andai, setelah berandai andai baru lah disampaikan gelar dan inai kedua mempelai tersebut sembari memukul gong sebagai pertanda bahwa gelar dan inai telah di sampaikan.

Penyampaian gelar dan inai ini pun didalam penyebutannya harus di ikutu dengan kata “pun”.  Berdasarkan kesepakatan tua tua desa Mehanggin dan sesepuh keluarga,  maka kedua mempelai di beri gelar, Eddi Sujana di beri gelar Traju Alam….”pun” Sunarti di beri inai Pertiwi…..”pun”.

Setelah penyampai gelar dan inai di lanjutkan penyerahan Piagam Adat yang di serahkan langsung oleh pemangku adat bersamaan dengan Kades Mehanggin Cik Han dan Syamsul Bahri anggota DPRD Kabupaten OKU Selatan.

BACA JUGA  Puluhan Peserta Ikuti Lomba Desain Motif Batik Khas OKUS

Cik Han, menuturkan pemberian gelar dan inai kepada kedua mempelai merupakan adat istiadat yang sudah belasan tahun bahkan puluhan tahun di desa kami dan sampai sekarang pun masih kami jaga dan kami lestarikan.

Dalam sambutannya Syamsul Bahri, mengatakan pentingnya untuk menjaga dan melestarikan adat  istiadat yang ada juga perlunya pemakaian gelar dan inai di lingkungan keluarga dan masyarakat. Sebagai Duta Narkoba Kabupaten OKU Selatan beliau juga mengajak dan mengingatkan kepada remaja OKU selatan  untuk dan tidak mendekati narkoba.selain itu beliau juga menyampaikan ucapan selamat kepada kedua mempelai semoga menjadi keluarga zakinah mawaddah dan warohmah.

Reporter :  Iskandar Dinata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button