PAGARALAM

Kepala Pos Pemantau GAD: Meski Status Waspada, Wisatawan Jangan Ragu Berwisata Ke Pagar Alam

MAKLUMATNEWS.com – PAGARALAM- Kepala Pos Pemantau Gunung Api Dempo Kota Pagar Alam Megian Nugraha memastikan kawasan wisata Gunung Dempo mulai dari Tugu rimau sampai area wisata kebun teh Gunung Dempo masih sangat aman, hal tersebut disampaikan Megian kepada awak media di Kantor Pos Pemantau Gunung Api Dempo, Kelurahan Dempo Makmur Kecamatan Pagar Alam Utara, Senin (10/1).

Dikatakan Megian Nugraha, kenaikan status menjadi Waspada level II setelah melalui proses tahapan panjang evaluasi, berdasarkan Iaporan catatan kegempaan yang terekam di alat seismograf di Pos Pengamatan Gunung Api Dempo.

“Memang sudah sejak lama sering tertangkap kegempaan low frekuensi di alat sesmograf menandai adanya indikasi peningkatan kegempaan, dan diminta kepada masyarakat, pengunjung, wisatawan, pendaki untuk tidak diperbolehkan beraktivitas dan mendekati area dalam radius 1 kilometer (km) dari kawah, serta arah bukaan kawah sejauh 2 km ke sektor utara, “katanya.

Megian menuturkan, dalam kondisi status waspada level II ini, jarak aman sesuai dengan arahan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yakni 1 Kilometer dari telaga atau kawah Dempo, serta 2 Kilometer ke arah sektor utara.

“Diarahkan jarak aman 1 Kilometer dari Kawah Dempo, kemudian sektor utara arah ke Kabupaten 4 lawang 2 Kilometer, kemudian untuk yang ingin berwisata ke Pagar Alam tidak usah ragu wisata Gunung Dempo masih sangat aman, terkait level Waspada ini ya tentu kita selalu waspada, ” pungkas dia.

Reporter : Lianpga

BACA JUGA  Pagaralam Jadi Lokasi Syuting Film Layar Lebar KOMA, Ini Dia 4 Aktor Muda Pemeran Utama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button