PAGARALAM

Ahmad Manfaatkan Lahan 1 Hektar Dengan Sistem Tumpang Sari

MAKLUMATNEWS.com – PAGARALAM – Petani kreatif di Pagar Alam tepatnya di Desa Pematang Bango Kelurahan Curup Jare Kecamatan Pagar Alam Utara, memanfaatkan lahan 1 hektar miliknya hingga menghasilkan layaknya lahan 6 hektar, Selasa (11/1).

Ahmad, petani pemilik lahan 1 hektar yang dahulunya hanya kebun kopi saja, kini ia tanam dengan tanaman lain dengan cara tumpang sari, tak tanggung-tanggung lahan miliknya ditanam enam jenis tanaman yakni, Kopi, Pale, Cabe, jahe, Alpukat, serta Pepaya.

Tumpang sari adalah suatu bentuk pertanaman campuran berupa pelibatan dua jenis atau lebih tanaman pada satu areal lahan tanam dalam waktu yang bersamaan atau agak bersamaan.

Sistem tumpangsari sangat menguntungkan, selain meningkatkan hasil, tumpangsari juga dapat meningkatkan kesuburan tanah, mengurangi risiko gagal panen, mengurangi tingkat serangan penyakit, mengendalikan gulma, dan lebih efisien dalam penggunaan sumber daya lingkungan dibandingkan monokultur.

“Jadi prinsipnya 1 hektar hasilnya sama dengan lahan 6 hektar, awalnya hanya kopi, tapi saya coba tanam jenis lainnya dan alhamdulillah berhasil, disini tumpang sari ada enam tanaman, jadi sama dengan 6 hektar yang hanya ditanami satu jenis tanaman saja, ” katanya.

Dikatakan Ahmad, sekarang pekerjaan sebagai petani kurang diminati apalagi di kalangan anak muda, mereka lebih memilih menjadi pegawai, padahal jika kita benar-benar memanfaatkan lahan tentunya dengan berbagai ide kreatif bukan tidak mungkin hasilnya sama bahkan lebih dari pegawai.

“Kalau petani ini, tergantung kita mau hasilnya berapa, kalau ditanam hanya satu jenis tanaman hasilnya itu saja, tapi jika kita cari ide bagaimana memanfaatkan lahan kita dengan baik insyaallah hasilnya akan lebih banyak,” imbuhnya.

Disamping itu Ahmad menuturkan, dalam mengelolah lahan pertanian juga diperlukan perawatan yang baik serta dilakukan pemupukan agar tanah subur dan tanaman akan memberikan hasil yang maksimal.

BACA JUGA  Ini Penjelasan BPBD Pagaralam Soal Banjir

“Kita hidup tidak bisa lepas dari hasil pertanian, kalau dahulu orang kita bangga jadi petani, kenapa sekarang tidak, jadi petani juga bisa sukses asalkan dikerjakan dengan sungguh-sungguh, ” pungkas dia.

Reporter : Lianpga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button