LIFESTYLE

Inilah 10 Daerah di Indonesia yang Warganya Hidup Paling Bahagia

MAKLUMATNEWS.com – Di kalangan umat islam seringkali menutup doa dengan untaian doa seperti ini : “Ya Allah berikanlah kami kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat,”. Doa ini dikenal dengan doa sapu jagat.

Lalu dalam kehidupan nyata tentu, hidup bahagia tersebut sangat tergantung kepada daerah atau tempat domisili dan lingkungan orang tersebut. Yang jelas daerahnya harus aman, damai dan penuh dengan ketenteraman. Ternyata ada 10 daerah di Indonesia yang menjamin warganya hidup bahagia.

Sebagaimana diketahui bahwa kebahagiaan merupakan kondisi yang didambakan semua orang dalam menjalani kehidupan di daerah tinggalnya. Meski kebahagiaan adalah hal yang sangat subyektif, namun pernahkah Anda berpikir masyarakat dari daerah mana saja yang memiliki tingkat kebahagiaan tertinggi di Indonesia?

Mungkin, survei dari Badan Pusat Statistika (BPS) bisa menjawab rasa penasaran Anda. Lembaga ini baru saja merilis Indeks Kebahagiaan Indonesia 2021.

Terdapat 10 provinsi yang memiliki indeks kebahagiaan tertinggi di Indonesia pada 2021. Nilainya pun berada di atas indeks keseluruhan Indonesia. Namun dari 10 urutan teratas itu, enam provinsi di Pulau Jawa seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur, tidak termasuk di dalamnya.

Justru provinsi dari luar jawa yang bertengger di peringkat tertatas dengan perolehan indeks kebahagiaan tertinggi.

Berikut daftarnya.

  1. Maluku Utara 76,34
  2. Kalimantan Utara 76,33
  3. Maluku 76,28 4. Jambi 75,17
  4. Sulawesi Utara 74,96
  5. Kepulauan Riau 74,78
  6. Gorontalo 74,77
  7. Papua Barat 74,52
  8. Sulawesi Tengah 74,46
  9. Sulawesi Tenggara 73,98.

Mengapa masyarakat di 10 provinsi ini paling bahagia? BPS mengukur tingkat kebahagiaan berdasarkan 19 indikator yang tercakup dalam tiga dimensi kehidupan.

Meliputi dimensi kepuasaan hidup, dimensi perasaan, dan dimensi makna hidup. Untuk dimensi kepuasan hidup, dibedakan menjadi subdimensi kepuasan hidup personal dan kepuasan hidup sosial.

BACA JUGA  Menengok Karnaval Rakyat "𝗧𝗮𝗻𝗷𝘂𝗻𝗴 𝗔𝘁𝗮𝗽 𝟮𝟬𝟮𝟮"

Survei ini dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten atau kota di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Mulai 1 Juli 2021 sampai 27 Agustus 2021.

Unit analisisnya adalah rumah tangga yang dipilih secara acak (random). Dengan metode sampling (sampling method) yang digunakan untuk memilih sampel adalah Two Stage One Phase Sampling.

Adapun total sampel rumah tangga yang diperlukan untuk keperluan estimasi tingkat kebahagiaan hingga level provinsi di Indonesia sebesar 75.000 rumah tangga yang tersebar di 34 provinsi.

Melansir dari hasil survei tersebut, Indeks Kebahagiaan Indonesia pada 2021 sebesar 71,49. Dengan indeks kebahagiaan penduduk perkotaan 71,73 dan pedesaan 71,17.(*)

Sumber : Kompas.com

Editor     : Aspani Yasland

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button