MOZAIK ISLAM

Jangan Sampai Makan dan Minum Terlalu Kenyang

Kekenyangan Dapat Menimbulkan Penyakit

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Nasihat Amirul Mukminin, Umar raadhiyallahu anhu “Hindarilah oleh kalian kekenyangan dalam makan dan minum, karena sesungguhnya ia dapat merusak tubuh dan mendatangkan penyakit, dan menyebabkan malas dalam menjalankan shalat. Hendaklah kalian berlaku sederhana dalam makan dan minum, karena sesungguhnya hal itu akan lebih baik bagi tubuh dan jauh dari pemborosan,” (Al Hanzu al kabari VIII/48).

Mempelajari dari renungan diatas, sebuah penjelasan yang singkat namun penuh faidah. dr ferihana mengatakan, kita tetap boleh makan hingga perut kenyang. akan tetapi, yang tercela yakni yang terlalu kenyang dan sering terlalu kekenyangan yang itu menimbulkan malas beraktifitas.

“Kita boleh kok makan apa yang kita suka, asalkan itu halal dan thoyib,”katanya, Selasa (11/01/21).

Tidak dapat dipungkiri, dikarenakan makanan bisa membuat mood atau perasaan menjadi baik. Makanan bisa mengubah mood kaum hawa menjadi ceria.

“Boleh makan enak asal jangan terlalu kekenyangan apalagi sampai berlebihan dan terbuang sia-sia makanan yang merupakan rezeki dari Allah,”kata Pengajar Madrasah Uwais Alqorniy.

Reporter : Trijumartini

BACA JUGA  Selagi Ada Kesempatan Bersedekah, Maka Lakukanlah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button