EKONOMI

Melihat Kewirausahaan dI Lingkungan Mahasiswa

Banyak mahasiswa yang telah sukses merintis usaha sejak duduk di bangku kuliah.

OLEH: Sari Puspita Setiawati (Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang)

Pendidikan kewirausahaan dalam berbagai aspeknya diharapkan mampu memberikan pencerahan bagi para mahasiswa dalam meniti karir sebagai wirausaha.

Hal tersebut sangatlah penting untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah angka pengangguran terdidik di Indonesia yang semakin tinggi.

Memiliki usaha yang dapat dirintis sejak usia muda dapat menjadi hal yang menguntungkan di masa depan. Di masa ini, banyak mahasiswa yang telah sukses merintis usaha sejak duduk di bangku kuliah.

Dengan usia yang muda dan kuantitas waktu luang yang tersedia sebagai mahasiswa, memulai suatu usaha dengan serius dan tanggung jawab tentunya akan bisa menjadi peluang usaha yang potensial untuk mendapat penghasilan tambahan guna membayar uang kuliah dan memenuhi kebutuhan lainnya.

Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, yang berarti bahwa jika pendidikan kewirausahaan semakin mendukung (lengkap, memadai), maka akan meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa.

Untuk itu, bekal ilmu dan kreatifitas mahasiswa yang diperoleh dalam perkulihan dapat dikembangkan dengan berwirausaha. Sehingga mahasiswa dapat membuka lapangan pekerjan sendiri dan tidak perlu mencari lapangan pekerjaan.

Faktor timbulnya kewirausahaan mahasiswa juga di pengaruhi oleh lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, peluang, pendidikan dan pengetahuan. Lingkungan keluarga, adalah kelompok masyarakat terkecil yang terdiri dari ayah, ibu, anak, dan anggota keluarga yang lain.

Minat berwirausaha akan terbentuk apabila keluarga memberikan pengaruh positif terhadap minat tersebut, karena sikap dan aktivitas sesama anggota keluarga saling mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Adapun factor dari dalam diri adalah faktor-faktor yang timbul karena pengaruh rangsangan dari dalam diri individu itu sendiri. Faktor intrinsik meliputi: pendapatan, harga diri, perasaan senang.(*)

BACA JUGA  Minim Pendapatan, Ajak UMKM Jualan di Stasiun LRT

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button