SUMSEL

Tahun Ini, Pemprov Sumsel Lanjutkan Pemberian Bantuan Untuk LKS

Usulkan 255 Orang Terima Bantuan

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) akan kembali melanjutkan program pemberian bantuan untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS). Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sumsel, Mirwansyah Melalui Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Provinsi Sumsel, Dian Saputra saat diwawancarai, Rabu (19/01/2022).

Dian mengatakan, pada tahun ini pihaknya akan melanjutkan kembali program pemberian bantuan untuk LKS. “Ya, tahun ini kita melanjutkan kembali program Pemberian Bantuan untuk LKS yang ada di Provinsi Sumsel,” katanya.

Lanjutnya, untuk program pemberian bantuan kepada LKS ini pihaknya akan mengusulakna sebanyak 255 orang yang akan menerima bantuan. ” Kita usulkan sebanyak 255 orang yang terdiri dari klaster anak 50 orang, 65 lanjut usia (lansia) dan 140 penyandang disabilitas,” ujar Dian.

Dian menjelaskan, jumlah itu masih sama dengan realisasi tahun lalu dan bantuan itu untuk stimulan, hampir Rp1 miliar nilainya. “Bantuan yang diberikan itu merupakan usulan dari kabupaten/kota. Setelah diusulkan, diverifikasi Dinsos Sumsel sehingga penerimanya bukan orang yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Ini kita lakukan untuk pemerataan, agar mereka yang membutuhkan benar-benar dapat,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, bantuan yang diberikan ini sebagai tambahan kepada mereka yang belum tercover bantuan dari pusat dan kabupaten/kota. Bentuk bantuan yang diberikan berupa barang dan peralatan, bukan uang tunai. “Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) sudah ada, hanya belum ditandatangani, saat ini masih proses penyusunan kapan dilaksanakan. Kemungkinan akan diberikan pada pertengahan atau akhir tahun,” ungkap Dian.

Dian menambahkan, untuk klaster anak akan diberi kebutuhan dasar seperti perlengkapan sekolah termasuk bagi lansia berupa makanan dan kebutuhan lainnya. Sementara disabilitas, akan dapat sesuai kebutuhannya, seperti kaki palsu, kursi roda, tongkat, alat bantu dengar atau lainnya. “Secara total, jumlah penerima bantuan sosial ratusan ribu orang, nah pemberian bantuan ini ada yang langsung dari Kemensos atau kabupaten/kota,” katanya.

BACA JUGA  Gelar Rakerda, DPD Bapera Sumsel Usulkan Tiga Program Prioritas Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button