SUMSEL

Alternatif Benih Dengan Kultur Jaringan Hasilkan Produk Yang Berkualitas

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru melakukan peninjauan ke Laboratorium PT. GMZ Biomega Utama yang beralamat di Jl. R. Soekamto No. 290 Palembang.

Dikesempatan tersebut Gubernur Sumsel, H Herman Deru meninjau beberapa jenis tanaman yang dikembangkan oleh PT. GMZ Biomega Utama dalam meningkatkan kualitas tanaman, diantaranya Tanaman Pisang, Tanaman Nanas dan Tanaman Hias Anggrek.

Deru mengatakan, PT. GMZ Biomega Utama ini diketahui merupakan perusahaan kultur jaringan yang melayani jasa penyediaan Bibit, perbanyakan serta pemulihan tanaman, baik tanaman hias maupun tanaman perkebunan. Perusahaan yang berfokus dalam membuat dan memproduksi bibit unggulan yang menghasilkan Varietas terbaik seperti induknya atau dinamakan F1. Dengan menggunakan teknik dan peralatan yang memiliki standar dan modern karena kami sangat mnnjaga produk yang dihasilkan memiliki mutu terbaik untuk petani Indonesia agar lebih mudah mendapatkan bibit terbaik yang nantinya akan menghasilkan panen yang baik. “Saya ingin ini dapat dikembangkan pada tanaman Iainnya, terutama tanaman yang menjadi kebutuhan pokok agar dapat ditingkatkan kualitasnya serta ada kemanfaatan Iain,” katanya

Lanjutnya, bahwa bibit siap tanam akan ditanam di Kota Palembang sebagai percontohan dan jika ini berhasil maka dapat ditiru oleh Kab/Kota Iainnnya. “Setelah ini kita minta GMZ agar masyarakat dapat dimudahkan dalam memperoleh bibit unggul untuk mendukung program SMP dan ini akan kita kerjasamakan dengan GMZ,” ujar Deru.

Deru menjelaskan, Dirinya berencana akan menanam bibit tersebut dilahan gambut agar Iahan gambut yang selama ini kosong dan berpotensi menjadi penyebab Kebakaran Hutan dan Lahan dapat menjadi Iahan yang Iebih produktif. “Jadi saya ingin tehnik ini dikembangkan karena bukan hanya pada tanaman Pisang dan Nanas, saya minta ada kemanfaatan lain. Karena kita punya penyakit tahunan seperti Karhutla. Jadi saya harap pola ini bisa dipakai pada lahan lahan Gambut. Selain bisa mengurangi Karhutla juga menambah penghasilan masyarakat,” jelasnya.

BACA JUGA  BERITA FOTO : Presiden Joko Widodo Disambut Gubernur Herman Deru

Sementara itu, Direktur Utama PT GMZ Biomega Utama, Andrew Gomez mengatakan jika ini yang pertama kali ada di Sumsel. Bertujuan untuk meningkatkan kemajuan dalam bidang pertanian Hortikultura dan Tanaman Hias di Sumsel. “Kalau Sumsel saya rasa ini yang pertama, kalau di Jawa itu sudah banyak, apalagi Laboratorium disana (Jawa) besar besar seperti di IPB punya labor yang besar,” katanya.

Lebih lanjut diungkapkannya, Hasil produksi dari tanaman dengan tehnik ini akan menghasilkan produk yang merata dengan kualitas yang baik. “Seperti awalnya kita pilih Induk yang terbaik, kita perbanyak Bibitnya sehingga hasilnya cukup merata karna dia harus di tempat yang steril jadi hasilnya tidak ada yang berbeda (Ada yang besar ada yang kecil). Tapi dengan tempat yang tidak luas namun Produksinya banyak,” ungkap Andrew.

Untuk diketahui, PT GMZ saat ini tengah mengembangkan Produk pisang yaitu Pisang Jenis Cavendish Siger, Cavendish Grand Nain, Pisang Barangan, Pisang Kepok, Pisang Ambon Kuning. Ada juga Jenis Tanaman Anggrek Dedrobium, Anggrek Cattleya Ungu, Anggrek Bulan Putih, Anggrek Bulan Ungu, Anggrek Macan, dan Anggrek Kanayo.

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button