PENDIDIKAN

Siswa SDIT Al Furqon Antusias Ikut Vaksinasi Gelombang Pertama

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Ratusan siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SIT) Al Furqon melakukan vaksinasi anak gelombang pertama di Aula Darul Jannah SIT Al Furqon,  di Jalan R Sukamto, Sekip Ujung Kota Palembang. Kegiatan vaksin terkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Palembang dan menunjuk salah satu rekanan yaitu Rumah Sakit Bhayangkara untuk vaksinasi Al Furqon dengan jenis vaksin Sinovac.

Gelombang pertama dilakukan vaksinasi pada siswa  kelas satu, tiga dan enam yang sedang dalam pembelajaran penuh daring/online agar setelah melakukan vaksinasi maka murid dapat beristirahat dan di pantau orangtua dirumah dan tetap dalam jangkauan pihak sekolah.

Dari total ketiga kelas terdapat 380 siswa, namun ada sekitar 230 siswa yang ikut vaksinasi, sisanya sudah melakukan vaksin di tempat lain dan ada juga yang belum bersedia ikut vaksin. Kegiatan vaksinasi dilakukan dalam upaya mencegah terjadi penyebaran virus dasn memutuskan rantai Covid 19.

“kita mengambil kebijakan untuk mengantisipasi siswa yang di vaksin harus istirahat dan relaks di rumah. Jika siswa setelah vaksin lanjut belajar disekolah di khawatirkan akan timbul gejala vaksinasi tersebut. Orangtua siswapun setuju untuk vaksinasi siswa yang kondisi belajar daring,”kata Kepala Sekolah SDIT Al Furqon Palembang, Ustadz Zakiudin, Kamis (20/1/2022).

Ia menjelaskan proses vaksinasi siswa yang didampingi orangtua dimulai dari melakukan registrasi melalui pihak sekolah yang terdapat tim dari UKS dibantu oleh Wali kelas dan pendamping masing-masing, kemudian lanjut registrasi dari tenaga kesehatan Rs Bhayangkara.

Setelah melakukan registrasi dilanjutkan skrining seperti pengukuran suhu tubuh, tensi dan diberi beberapa pertanyaan apakah ada riwayat penyakit bawaan. Setelah hasil baik, maka dilanjutkan penyuntikan vaksin sinovac oleh dokter yang bertugas. Kemudian siswa dan pendamping menuju tempat observasi selama 5 hingga 10 menit untuk mendapatkan kartu vaksinasi.

BACA JUGA  Seberang Ulu Butuh Penambahan SMA Negeri

Tampak antusias siswa saat menunggu antrian vaksin. Ada siswa yang santai dan berekspresi tenang tanpa ragu saat di suntik vaksin, tapi, ada pula yang merasa takut dan gugup sehingga memejamkan mata dan menggerakkan kaki untuk menghilangkan rasa gugup.

“Alhamdulillah kegiatan lancar, nanti satu pekan setelahnya, dilanjutkan vaksinasi gelombang kedua pada siswa kelas dua, empat dan lima pada tanggal 27 Januari 2022 saat melaksanakan pekan daring dirumah,”katanya saat mendampingi vaksinasi salah satu murid SDIT Al Furqon Palembang.

Reporter : Trijumartini  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button