PALEMBANG

Anggaran Pasar Apung Tinggi, Pemkot Dahulukan Pasar Sekanak

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Pasar Apung di Sungai Musi II dan revitalisasi Pasar Sekanak menjadi target Walikota Palembang 2022-2023. Saat ini keduanya sedang tahap finalisasi desain.

Rencana pembangunan Pasar Apung seluas 9.000 meter persegi dan Pasar Sekanak 8.00 meter persegi ini, Pemerintah Kota Palembang belum memastikan sumber dana pasti yang akan digunakan.

Pembangunan Pasar Apung membutuhkan konstruksi yang dibangun di air. Menurut kajian memerlukan biaya yang besar sekitar Rp700 miliar. Sementara jika hanya mengandalkan APBD Pemkot Palembang, tidak akan mampu.

Walikota Palembang Palembang Harnojoyo mengatakan, anggaran Pasar Apung sangat besar. Tapi pihaknya sudah mulai menyelesaikan desain.

“Pasar Terapung jni perlu dana besar, maka pembangunannya secara bertahap, mungkin Pasar Apung ini tamannya dulu. Sementara Pasar Sekanak bisa tahun ini,” katanya, Rabu (26/1/2022).

Pasar Sekanak didahulukan karena meskipun belum ada angka pastinya namun memiliki konsep terbuka pusar ekonomi kreatif. Tidak hanya kuliner tapi juga kesenian, fashion.

Pasar itu dari 200 los terpakai 10 persen dan itupun agen sembako. “Sumber dana belum dibahas keduanya pun, tapi Pasar Sekanak tidak menggunakan anggaran terlalu besar,” katanya.

Akademisi Unsri Bidang Arsitektur dan Perencanaan Pariwisata, Prima Della mengatakan, dengan perkiraan anggaran ratusan miliar maka membutuhkan skema pembiayaan dari APBN maupun CSR.

Di Pasar Apung tidak semua pedagang bisa di air terutama pedagang pakaian. Jadi hanya 50-200 pedagang yang akan di atas perahu.

“Pembiayaan bisa dari lintas sektor  Kementerian,” katanya.

Sementara untuk Pasar Sekanak menurutnya memiliki selling poin dimana di dalam bangunan pasar itu ada konstruksi peninggalan kolonial.

“Bangunan lama dihancurkan, kecuali konstruksi kolonial itu,” katanya.

BACA JUGA  Pemprov Sumsel Masih Menunggu Pembatalan HGU Pasar Cinde

Reporter  : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button