EKONOMI

5.000 Pendaftar Baru PDAM Masih Harus Menunggu

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Pengembangan jaringan baru PDAM PDAM Tirta Musi tahun ini ditarget ke wilayah timur Kota Palembang. Setidaknya saat ini ada 5.000 pendaftar yang masih menunggu.

Dirut PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya mengatakan, tahun ini pihaknya akan melakukan pengembangan pelayanan ke Palembang timur. Diantaranya ke wilayah Kalidoni, Sungai Lais dan Mata Merah

“Kita targetkan ada penambahan pelanggan sebanyak 325 ribu tahun ini, sekarang ini 312 ribu pelanggan. Untuk waiting list pelanggan sekarang tinggal 5.000 lagi,” katanya.

Untuk pengembangan pelayanan ini, sambung dia, perlu investasi yang cukup besar. Karenanya sejak sebelumnya pihaknya pun mengkaji soal menaikkan tarif pemakaian air bersih sebesar 10 persen.

PDAM Tirta Musi sendiri sudah tidak melakukan penyesuaian tarif sejak 2011 lalu. karena itu tahun ini PDAM Tirta Musi Palembang berencana akan melakukan penyesuaian tarif air sebesar 10 persen.

“Rencana kenaikan harga tarif air sedang dalam proses, saat ini kami sedang melakukan survey kepuasan pelanggan, melakukan sosialisasi dan sedang berkoordinasi dengan DPRD kota Palembang,” katanya.

Dia mengatakan, setelah semua proses dilalui dan tidak ditemukan masalah, maka enam bulan kedepan PDAM Tirta Musi sudah bisa menerapkan kenaikan harga tarif air kepada pelanggan.

“Saat ini harga tarif air kita hanya Rp 4 ribu rupiah per meter kubik, harga ini jauh lebih murah dibandingkan dengan daerah lain di Sumsel, bahkan di Indonesia,” katanya.

Lanjutnya, kenaikan tarif air ini dinilai perlu mengingat banyak investasi yang sudah dilakukan oleh PDAM Tirta Musi Palembang. “Dengan naiknya tarif air, maka target pendapatan PDAM untuk PAD Palembang meningkat sebesar 10 persen,” katanya.

BACA JUGA  Gubernur Bersama Kapolda Sidak Pasar Menjelang Ramadhan

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button