NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir Juz 5 Surat An Nisa’ Ayat 59 Taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya serta kepada Pemimpin

 

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat An-Nisa’ Ayat 59 berbunyi :

(یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوۤا۟ أَطِیعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِیعُوا۟ ٱلرَّسُولَ وَأُو۟لِی ٱلۡأَمۡرِ مِنكُمۡۖ فَإِن تَنَـٰزَعۡتُمۡ فِی شَیۡءࣲ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمۡ تُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلۡیَوۡمِ ٱلۡـَٔاخِرِۚ ذَ ٰ⁠لِكَ خَیۡرࣱ وَأَحۡسَنُ تَأۡوِیلًا)

Artinya :

Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur`ān) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu, lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

Pada ayat ini Allah Swt menyeru kepada orang-orang yang beriman untuk senantiasa taat kepada Allah dan Rasulullah, kemudian taat kepada pemimpin di antara kalian.

Kewajiban untuk taat kepada Allah dan Rasulullah SAW adalah kewajiban mutlak, karena Allah Rasulullah dijamin kebenarannya secara mutlak.

Adapun ketaatan kepada pemimpin tidak diikuti dengan kata “wa athi’uu” (dan taatlah kalian) karena kewajiban taat terhadap pemimpin muqoyyad (terikat), berlaku selama pemimpin tersebut taat kepada Allah dan Rasulullah.

Kemudian, jika terjadi perselisihan baik dalam hal akidah ataupun ibadah dan sosial serta hal-hal lainnya maka kembalikanlah kepada Al Quran dan Sunnah Rasulullah, karena di dalam keduanya akan di temukan jawaban yang sempurna baik secara global maupun secara rinci.

Jika kalian beriman dengan benar kepada Allah swt dan hari akhirat. Bisa dipahami dari ungkapan ini menyatakan bahwa orang-orang yang tidak menjadikan Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah saw Sebagai solusi dalam menjawab problematikanya belumlah beriman dengan baik dan benar.

Sesungguhnya hukum Allah swt adalah pilihan terbaik, paling adil dan paling aplikatif.

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al An'am Ayat 42 Kemiskinan, Penyakit, Bala, dan Bencana adalah Bentuk Kasih Sayang Allah

Wallahu A’lam,

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button