OKU SELATAN

Pinang Batara, Potensial dan Menjanjikan

Warga OKUS Mulai Menanam Pinang Batara

MAKLUMATNEWS.com, MUARADUA — Masyarakat OKU Selatan mulai menanam Pinang Batara untuk di jadikan tanaman jangka panjang.

Pinang yang bernama latin Areca Catechu merupakan salah satu tanaman dengan nilai ekonomi dan potensi yang cukup tinggi. Tanaman yang memiliki batang lurus dan ramping ini memiliki banyak sekali manfaat dan umum di kenal sebagai tanaman obat.

Penjualan bibit Pinang Batara di Desa Sabutan OKU Selatan. (ISkandar ).

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah mengubah pola pemanfaatan tanaman pinang seperti untuk keperluan farmasi dan industri,bahkan di India dan Tiongkok saat ini telah mengolah pinang menjadi permen. Hal ini membuat harga dan permintaan akan buah pinang semakin meningkat di pasaran

Salah satu penjual bibit pinang batara yang berada di Desa Suka Jaya (Sabutan) Kecamatan Buay Rawan Ahyan,menuturkan kepada media ini, sebagian masyarakat sudah banyak menanam pinang batara,itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang membeli bibit pinang batara yang ada  di rumahnya.

Ahyan juga menjelaskan harga bibit pinang batara bervariasi tergantung dari ukuran besar kecilnya bibit pinang batara, ada yang di jual dengan harga Rp4.000 per batangnya dan ada juga di jual Rp2.500 per batangnya

Ahyan menambahkan, bahwa dalam waktu tiga tahun pinang batara ini sudah mulai berbuah,buahnya yang banyak dan harga jual di pasaran yang cukup tinggi sudah barang tentu pinang batara akan di jadikan masyrakat sebagai solusi tanaman jangka panjang di tanah atau kebun milik mereka.

Karyamin, yang terlihat sedang membeli bibit pinang batara juga menceritakan bahwa ia sudah menanam pinang batara dengan jumlah yang cukup banyak di kebun miliknya.

Menurut Karyamin pinang batara merupakan solusi untuk perekonomian kedepan, selain perawatannya mudah,3 tahun pinang ini sudah berbuah dan pinang tidak mengenal musim kalau sudah berbuah maka pinang akan berbuah terus menerus.

BACA JUGA  Tiga Rumah Warga Desa Surabaya Banding Agung Hangus Dilalap Jago Merah

Reporter : Iskandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button