PAGARALAM

Dibangun Secara Swadaya, Masjid Al Ma’arif Dirancang Miliki Berbagai Fasilitas

MAKLUMATNEWS.com – PAGARALAM – Pembangunan Masjid Al Ma’arif bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan ruang yang selalu kekurangan pada saat pelaksanaan sholat terutama saat sholat Jumat, hal ini disampaikan Panitia pembangunan masjid Al Ma’arif Kelurahan Beringin Jaya Kecamatan Pagaralam Utara, Delta Handoko, Senin (31/1/2022).

Delta menjelaskan, masjid ini diharapkan menjadi tempat kegiatan-kegiatan islami semisal kajian dan majelis, selain itu direncanakan akan diadakan pengajian yang tujuannya menciptakan hafiz dan hafizah dari Kota Pagaralam khususnya.

“Nantinya masjid Al Ma’arif akan mempunyai Fasad yang Iconic berupa Rekal Al Quran besar- (dalam penyebutan dialek besemah : Lihar), serta Masjid ini diharapkan menarik untuk dikunjungi,dengan segala Keramahannya,” ungkapnya.

Delta menuturkan, rancangan masjid ini akan Ramah terhadap disabilitas, Dimasjid ini disediakan ramp khusus kursi roda,alat bantu dengar dan Al Quran braille, kemudian ramah terhadap anak-anak, Karena anak-anak adalah asset maka masjid berusaha disediakan Children Play Ground digunakan pada jam tertentu.

Ditambahkan Delta, masjid ini juga di rencanakan ramah terhadap para Lansia, Masjid menyediakan tempat berjemur dan reflexy kaki melalui foot step dari batu tabur kerikil di bagian depan Masjid dan juga ramah terhadap Musafir.

Selanjutnya, masjid menyediakan tempat minum dan juga kopi dan teh sekedar penghangat badan dan penghilang haus dan letih untuk muslim yang sedang safar serta dirancang ramah terhadap Lingkungan,Masjid membuat biopori sebagai upaya menaikkan resapan air tanah untuk investasi ke anak dan cucu. Masjid Al Ma’arif menyediakan galery yg berisi Fhoto-Fhoto sejarah Islam dan juga budaya Islam dengan Perpustakannya.

“Semoga semua dapat terwujud atas do’a kita bersama, Masjid pastinya adalah tempat terbaik untuk kembali, Saat Gundah, Saat Sempit, Saat Gelisah, Saat Takut, Saat Khawatir, Saat titik hidup sedang dititik terendah, Pastinya Masjid menyambut dengan segala keramahannya,” pungkasnya.

Reporter : LianPga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button