PALEMBANG

Malam Hari H Umat Budha Mulai Berdatangan ke Vihara dan Klenteng

MAKLUMATNEWS.com,PALEMBANG –Tahun baru Imlek 2022, 1 Februari 2022 disambut suka cita oleh warga keturunan Tionghoa di Palembang. Imlek selalu terlihat semarak setiap tahunnya meskipun sudah dua tahun berlalu.

Mulai dari malam hari H, khususnya umat Budha keturunan Tionghoa mereka mulai berdatangan ke Vihara dan Klenteng untuk beribadah.

Seperti yang dilakukan oleh umat Budha di Vihara Dharmakirti di Jalan Papera, sejak pukul 18.00 mereka mulai berdatangan untuk melakukan ibadah dan berdoa.

Salah satunya Gita Lee, dalam keluarganya punya kebiasaan untuk kumpul bersama di malam Imlek untuk bersilaturahmi dan makan malam bersama.

“Saya ke Vihara dulu setelah itu ke rumah orang tua untuk makan-makan bersama keluarga. Ada yang makan-makan dulu baru ke Vihara,” katanya.

Gita mengatakan, sudah menjadi tradisi bagi mereka keturunan Tionghoa ketika malam Imlek berkumpul untuk makan bersama.

Ibadah sembahyang puja pelita di Vihara Dharmakirti biasa dilakukan dengan menyalakan lilin. Persembahan dari umat Budha yang beribadah.

“Lilinnya itu bagi kita merupakan simbol penerangan yang diharapkan bisa menerangi batin kita sebagai manusia,” katanya.

Sejak beberapa hari sebelumnya semua tempat ibadah baik Vihara maupun Klenteng sudah bersiap-siap. Termasuk juga di Klenteng Dewi Kwan Im di 10 Ulu.

Ketua Pengurus Klenteng Dewi Kwan Im, Tjik Harun mengatakan, karena masih dalam kondisi pandemi, tidak ada persiapan khusus untuk menyambut perayaan Imlek 2022.

“Karena masih dalam kondisi pandemi, seperti tahun lalu jumlah umat yang sembahyang menurun, ada yang di luar kota tidak mudik,” katanya.

Ia mengatakan, umat lebih paham dengan situasi pandemi saat ini. Tradisi silaturahmi saat Imlek juga banyak yang tidak menggelar sejak tahun lalu karena pandemi.

BACA JUGA  PPKN Gelar Halal Bi Halal, SMB IV Minta KPPKN Lakukan Penguatan Internal Agar Solid dan Bersatu

“Adapun kami imbau untuk menjaga protokol kesehatan. Klenteng juga buka 24 jam jadi umat silih berganti datang tanpa ada kerumunan,” katanya.

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button