PALEMBANG

SMB IV Apresiasi  Komik “Alea and The Forgotten Empire”

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Palembang menggelar pameran komik dan talkshow “Alea and The Forgotten Empire”, Senin (31/1) .

Hadir Sultan Palembang Darussalam , Sultan Mahmud Badaruddin IV (SMB) IV  Jaya Wikrama Fauwaz SH Mkn , Kepala Dinas Pariwista Sumsel Aufa Syahrizal, Kepala Museum Balaputra Dewa Chandra Amprayadi, Duta Besar (Dubes) RI untuk Jepang Heri Akhmadi, Dewan Pembina Sriwijaya Milenial Movement (SMM) Ersan Benyamin, dan pelajar SMK Taman Siswa.

Sultan Palembang Darussalam , Sultan Mahmud Badaruddin IV (SMB) IV  Jaya Wikrama Fauwaz SH Mkn  mengapresiasi dan  gembira, karena ada orang yang berinisiatif menulis tentang Kerajaan Sriwijaya dalam bentuk komik (manga), sehingga anak muda dapat lebih memahami Kerajaan Swirijaya di masa lampau dengan pendekatan modern.

“Saya senang dengan adanya komik ini yang terdapat juga di Webtoon sehingga anak muda lebih mudah membaca Kerajaan Sriwijaya,” kata  SMB IV.

Dia berharap masyarakat ikut senang mengapresiasi komik Alea tersebut karena membahas Kerajaan Swirijaya, dan anak muda dapat lebih mengetahui Kerajaan Sriwijaya dengan membaca komik itu.

“Selain dibuat komik (manga), bahkan rencana ke depannya akan dibuat film animasi Anime yang dilirik oleh pihak Jepang, saya sangat berharap Anime terealisasi,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal Syarkomi mengatakan, pihaknya mendukung acara ini , dimana acara ini merupakan suatu hal yang penting untuk terus melestarikan warisan-warisan sejarah dan budaya Sumsel khususnya bagi generasi milenial.

“ Acara ini tepat dilaksanakan di Museum Negeri Sumsel Balaputra Dewa  karena kita tahu “Alea and The Forgotten” mengangkat kisah Kerajaan Sriwijaya  sehingga acara tepat dilaksanakan disini,” katanya.

Duta Besar (Dubes) RI untuk Jepang Heri Akhmadi mengapresiasi kegiatan ini.

BACA JUGA  Label Halal Indonesia Resmi Berganti, Berikut Filosofinya  

“ Saya sangat gembira dengan inisiatip ini  untuk bisa menjangkau para generasi muda kita, cara-cara menggunakan pendekatan kreatif sangat penting untuk disampaikan ,” katanya.

Kepala Museum Balaputra Dewa Chandra Amprayadi sangat mengapresiasi ide dari komik ini menceritakan masuk alam fantasi di masa lalu, yang membahas Kerajaan Sriwijaya dan bertemu dengan Balaputradewa.

“Kami sangat mengapresiasi komik Alea ini, karena ceritanya tentang Kerajaan Sriwijaya paling valid datanya, bahkan mereka survei dahulu,” katanya.

Isnadia Fairuz Chalisa selaku Cosplay ( Costume Play) Alea mengaku sangat senang memerankan sosok Alea .

“ Ini bisa menambah ilmu dan lain-lain,” kata siswi kelas I SMP 18 Palembang ini.

Reporter : Trijumartini / rilis

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button