LIFESTYLE

Bermula dari Pengajian Malam Jumat, Alhamdulillah Media Islam As SAJIDIN Kini  Berusia  8 Tahun

MAKLUMATNEWS.com — Hari ini Kamis, tepat 2 Rajab 1443 H, Media Islam As SAJIDIN telah berusia 8 tahun. Alhamdulillah wa syukurillah. Media cetak dakwah satu-satunya yang terbit reguler setiap bulannya di kota Palembang ini, memang resmi dilahirkan pada tanggal tersebut berdasarkan penanggalan hijriah. Namun saat itu, As SAJIDIN dilaunching tepat tanggal 2 Mei 2014 bersamaan dengan Hari Pendidikan Nasional. Jadi media bermotto : “Menebar Ilmu Meraih Hikmah” ini, lahir tanggal 2 Rajab 1435 H bersamaan dengan 2 Mei 2014 M.

Usia 8 tahun atau lebih dikenal Sewindu ini, sebuah rentang waktu yang relatif panjang, apalagi untuk sebuah media cetak, koran atau surat kabar. As SAJIDIN yang masih berjalur media cetak ini dapat dan mampu menjalani rentang waktu  8 tahun tersebut. Dan alhamdulillah, tabloid dakwah ini tidak pernah berhenti cetak dan setiap bulan secara istiqomah hadir menemuai pembaca, pelanggan, pemasang iklan dan umat islam umumnya, hanya saja dua tahun terakhir ini—lantaran pandemi Covid-19—terpaksa disajikan dalam bentuk e-paper. Di balik semua pencapaian itu, tentu semua upaya dan ikhtiar tersebut, tidak akan lepas dari kodrat dan iradat serta ridho Allah Swt yang masih meng-eksiskan As SAJIDIN ini mencapai usia sewindu ini.

Cikal bakal penerbitan Media Islam As  SAJIDIN ini, bermula dari pengajian rutin  malam jumat, tema tadabbur alquran yang diasuh oleh Ustadz H. M Arfan M. Alwi (Alm) di Masjid Al Furqon, Kompleks SIT Al Furqon, Jalan R. Soekamto, kawasan Sekip Ujung Palembang.

Seiring dengan perjalanan pengajian tadabbur alquran tersebut, maka ada ide untuk mendirikan sebuah penerbitan media cetak yang antara lain tujuannya untuk lebih menyebarluaskan materi-materi pengajian setiap malam jumat tersebut kepada umat islam. Pun sebagaimana diungkapkan oleh Pemilik dan Direktur Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Furqon Palembang H.Emil Rosmali,   untuk menjalin komunikasi dengan para guru, siswa dan orangtua siswa di SIT Al Furqon Palembang mulai dari PG,SD,SMP dan SMA.

BACA JUGA  BACA EDISI TERBARU, MEI 2022-SYAWAL 1443 H

Maka disepakatilah penerbitan Media Islam As SAJIDIN yang dimotori para pendiri yakni H. Djuliar Rasyid, H. Emil Rosmali, H.Bangun Lubis dan Ustadz
Amran Anwar serta Ustadz H. Arfan M Alwi (Allahyarham). Soal namanya kenapa As SAJIDIN, hal ini adalah usulan dari Ustadz Arfan M. Alwi yang diambil dari ayat-ayat Alquran yang bermakna orang-orang yang patuh dan sujud kepada Allah Swt. Penerbitan ini dibawah bendera PT Al Mudatsir Media, yang diambil dari QS Al Mudatsir yang merupakan kajian terakhir tadabbur alquran saat itu.

Dalam perjalanannya, As Sajidin terbit 24 halaman warna dalam bentuk koran media cetak. As Sajidin menyajikan bahasa jurnalistik yang simpel untuk mengetengah tema-tema islami kepada masyarakat, istilah lebih nge-pop, tidak rigid.  Tentu banyak romantisme selama mengawal penerbitan yang sudah berusia 8 tahun ini, namun Pemimpin Umum As SAJIDIN H. Emil Rosmali selalu berpesan kepada segenap jajaran redaksi dan awak media ini, untuk selalu berpegang kepada QS Muhammad Ayat 7 yang artinya : “. Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”

Pak Emil—demikian panggilan akrabnya—menyadari betul bahwa bisnis media cetak ini, tidaklah sama dengan bisnis lainnya, akan tetapi bila ditanamkan makna ayat tersebut, maka Allah akan memberikan suplai rezeki untuk menghidupi bisnis As SAJIDIN ini dengan cara-Nya sendiri dan tidak disangka-sangka.

Alhamdulillah, As SAJIDIN saat ini sudah berusia 8 tahun dan masih eksis, mudah-mudahan langkah ke depannya selalu mendapat kemampuan dan kekuatan dari Allah Swt untuk terus berdakwah melalui media cetak ini. Aamiin. []

Editor : Aspani Yasland

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button