NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir Juz 5 Surat An Nisa’ Ayat 69, Orang yang Taat pada Allah dan Rasulullah akan Bersama Orang-Orang yang Mendapat Nikmat

 

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat An-Nisa’ Ayat 69 berbunyi :

(وَمَن یُطِعِ ٱللَّهَ وَٱلرَّسُولَ فَأُو۟لَـٰۤىِٕكَ مَعَ ٱلَّذِینَ أَنۡعَمَ ٱللَّهُ عَلَیۡهِم مِّنَ ٱلنَّبِیِّـۧنَ وَٱلصِّدِّیقِینَ وَٱلشُّهَدَاۤءِ وَٱلصَّـٰلِحِینَۚ وَحَسُنَ أُو۟لَـٰۤىِٕكَ رَفِیقࣰا)

Artinya :

Dan barang siapa menaati Allah dan Rasul (Muhammad), maka mereka itu akan bersama-sama dengan orang yang diberikan nikmat oleh Allah, (yaitu) para nabi, para pecinta kebenaran, orang-orang yang mati syahid dan orang orang salih. Mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.

Pada ayat ini Allah menjelaskan bahwa orang-orang yang taat pada Allah Swt dan taat kepada Rasulullah sesuai dengan kadar ketaatan masing-masing, dan menjaga ketaaatannya hingga akhir hayatnya maka mereka akan bersama orang-orang yang mendapat nikmat dari Allah swt.

Sesuai dengan kadar ketaatannya, maka diantara mereka ada yang bersama Rasulullah pada derajat yang tertinggi dalam surga, ada juga yang bersama para siddiqin; mereka yang sempurna kepercayaannya kepada Rasulullah Saw. Ada juga yang bersama syuhada; mereka yang wafat berjuang dijalan Allah, dan sebagian lainnya bersama para sholihin: orang-orang Saleh.

Ungkapan “wassholihin” adalah bentuk kasih sayang Allah terhadap hamba-hamba-Nya.
Karena ungkapan kata sholihin, bukan “muslihin” membuka peluang setiap hamba masuk dalam kategori ini. Meskipun dia tidak melakukan maslahat untuk orang lain.
Kelompok-kelompok di atas adalah sebaik-baik teman dalam mengarungi kehidupan akhirat.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir Juz 5, Surat An Nisa' Ayat 78 Semua Berasal dari Allah Swt

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button