HUKUM & POLITIK

Perkosa 13 Santriwati, Herry Wirawan Divonis  Penjara Seumur Hidup

 

 MAKLUMATNEWS.com — Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung akhirnya memvonis Herry Wirawan, terdakwa pemerkosa 13 santriwati, dengan hukuman penjara seumur hidup.

Majelis Hakim berkesimpulan bahwa terdakwa Herry Wirawan  terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana pemerkosaan, yang dibacakan dalam persidangan, Selasa, 15 Februari 2022.

“Menyatakan terdakwa Heery Wirawan terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana dengan sengaja melakukan kekerasan memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya sehingga yang dilakukan pendidik menimbulkan korban lebih dari satu orang beberapa kali sebagaimana dalam dakwaan primer.”

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara seumur hidup,” kata hakim ketua .

Hakim juga memutuskan terdakwa tetap ditahan. Vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut hukuman mati.

Sebelumnya JPU Kejati Jabar menuntut Herry Wirawan dihukum mati, serta sejumlah hukuman tambahan yakni pidana tambahan pengumuman identitas dan kebiri kimia, hukuman denda Rp 500 juta dan restitusi kepada korban Rp 331 juta, pembubaran yayasan pesantren termasuk Madani Boarding School dan penyitaan aset dan barang bukti untuk dilelang.

Herry dituntut hukuman itu sesuai dengan Pasal 81 ayat (1), ayat (3) Dan (5) jo Pasal 76.D UU R.I Nomor 17 Tahun 2016 yentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak jo Pasal 65 ayat (1) KUHP sebagaimana dakwaan pertama.(*)

Sumber : TRIBUNJATENG.COM

Editor    : Aspani Yasland

BACA JUGA  Target Rekor MURI, Ratusan Kader PDIP Sumsel Ikut Senam Indonesia Cinta Tanah Air

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button