SUMSEL

Deru : Antisipasi Kenaikan Kasus Covid, Pemprov Siagakan Rumah Sakit Sebagai Lokasi Karantina

Minta Masyarakat Tetap jalankan Prokes

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Dua hari berturut-turut, kasus harian Covid-19 di Sumatera Selatan mencapai angka seribuan. Data 16 Februari, 1.043 orang terkonfirmasi positif. Sehari sebelumnya, bahkan kasus lebih tinggi, mencapai 1.095 orang. Untuk itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) Menyiagakan Rumah Sakit Sebagai Lokasi Karantina. Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel, H Herman Deru saat diwawancarai di Kantor Pemprov Sumsel, Rabu (16/02/2022).

Deru mengatakan, Kenaikan ini sesuai prediksi pemerintah, bahkan hingga Maret mendatang masih akan tinggi angka konfirmasi positif. “Memang sudah di warning kenaikannya dan saat ini jadi puncak-puncaknya,” katanya.

Lanjutnya, Dengan mengetahui kenaikan itu, Pemprov Sumsel telah mengantisipasi dengan penyiagaan rumah sakit sebagai lokasi karantina bagi warga yang terkonfirmasi positif. Ia meminta, masyarakat untuk tetap tertib dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes). “Target kita adalah menertibkan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankam prokes,” ujar Deru.

Deru mengungkapkan, Lonjakan kasus ini, tak hanya terjadi di Sumsel, tapi berbagai daerah di Indonesia. Bisa saja, kasus yang terjadi saat ini akan melampaui varian Delta yang pernah terjadi beberapa waktu lalu. “Tapi, Omicron ini tak segawat varian D, karena tingkat BOR kita masih belum memgkhawatirkan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Terhitung 15 Februari, BOR di Sumsel telah mencapai 38 persen. Rinciannya, dari 1.839 tempat tidur Covid-19 yang tersedia, baru terpakai 691 tempat tidur. “Di Kota Palembang, BOR mencapai 56 persen, tersedia 881 bed, terpakai 493 bed,” katanya.

Reporter : Maulana

BACA JUGA  Kawal Pemilu 2024 di Perairan Sungai Musi, Polda Sumsel Siagakan 25 Kapal 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button