SUMSEL

Deru: KPPU Sebagai Jembatan Regulasi Persoalan Daerah ke Pusat

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru meminta kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untu dapat menjadi jembatan regulasi persoalan daerah ke Pusat. Hal ini diungkapkannya saat menghadiri Acara Pembukaan Sosialisasi Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumsel di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Kamis (17/02/2022).

Deru mengatakan, sosialisasi ini antara lain tentunya untuk pemahaman regulasi terkini apalagi sejak ada undang-undang cipta kerja yang mengakibatkan banyak perubahan dari undang-undang sebelumnya, ada yang semakin memantapkan langkah ada juga yang membuat menjadi gamang. “Saat ini dapat kita liat salah satu contoh pemasalahan minyak goreng padahal daerah Sumsel memiliki ratusan ribu hektar kelapa sawit tapi minyak goreng langka, saya pikir ini permasalahan kita bersama,” katanya.

Diungkapkannya, KPPU RI dapat menjadi jembatan untuk menyampaikan persoalan-persoalan hal apa saja yang terjadi di daerah, ada keleluasaan dengan tidak berpihak namun tetap menggunakan logika. “Terkait Permasalahan di daerah, seperti jalan tol yang berbayar namun kondisinya sangat memprihatinkan. Saya harap bapak dapat menyampaikan kondisi ini saat diskusi panjang di tingkat pusat,” ungkap Deru.

Sementara itu, Ketua KPPU RI, Ukay Karyadi mengatakan, KPPU melakukan upaya agar perusahan tidak menyalahgunakan opsi dominannya dan peran KPPU pada intinya juga membutuhkan sinergi dengan pihak terkait terutama pemerintah pusat dan pemerintah daerah karena praktis usaha yang tidak sehat itu lahir dari kebijakan yang tidak tepat. “Penguasaan aset di pelaku usaha terjadi karena persaingan usaha yang tidak sehat sperti praktek monopoli karena kebijakan yang kurang tepat yang lebih menguntungkan kelompok tententu dan perilaku perusahaan yang tidak menerapkan prinsip usaha yang sehat,” katanya singkat.

BACA JUGA  66 Persen PAD dibagi ke Kabupaten/Kota, Gubernur Sumsel Herman Deru Ingatkan Pemda Berikan Service Terbaik Untuk Masyarakat

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button