OLAHRAGA

Chelsea Tundukkan Lille 2-0, Di Liga Champions

MAKLUMATNEWS.com, — Juara bertahan Liga Champions, Chelsea, sukses meraih kemenangan dengan skor 2-0 saat menjamu Lille dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2021-2022 di Stamford Bridge, Rabu (23/2/2022) dini hari WIB.

Tuan rumah mampu unggul cepat di menit ke-8 melalui Kai Havertz. Chelsea kemudian mampu menggandakan keunggulan lewat Christian Pulisic pada menit ke-63. Tim London Biru menutup laga dengan kemenangan 2-0.

Berkat kemenangan ini, Chelsea mendapat keuntungan agregat dua gol pada leg kedua nanti. Pasukan Thomas Tuchel hanya perlu tak kalah lebih dari dua gol di markas Lille untuk ke perempatfinal. Leg kedua bakal digelar di Stade Pierre-Mauroy pada 17 Maret 2022 mendatang.

Tampil di depan pendukung sendiri, Chelsea langsung tancap gas untuk mendominasi jalannya duel sejak menit pertama. Mereka menguasai bola dan terus menekan secara masif.

Klub berjuluk The Blues tersebut cuma butuh waktu delapan menit untuk mencetak gol pertamanya yang dihasilkan oleh Kai Havertz. Gol tercipta setelah Havertz menerima bola dari Hakim Ziyech tanpa pengawalan di kotak penalti. 1-0.

Setelah tertinggal, Lille ternyata mampu memberikan perlawanan. Beberapa kali mereka melancarkan serangan berbahaya. Namun pertahanan Chelsea masih sanggup untuk menetralisir gempuran pemain Lille sehingga gol penyama kedudukan tidak tercipta.

Pada menit ke-11, kesalahan Antonio Ruediger nyaris berakibat fatal. Sapuan bek asal Jerman ini menghalau umpan silang Renato Sanches mengarah ke gawang sendiri. Chelsea selamat dari kebobolan usai bola melambung tipis.

Chelsea pun berupaya menggandakan keunggulannya agar bisa melalui pertandingan dengan lebih aman. Pada menit ke-18, kiriman bola N’Golo Kante menemui Marcos Alonso di sisi kotak penalti Lille. Alonso langsung melepas sepakan voli. Usahanya belum berbuah hasil karena masih tepat dipelukan Jardim.

BACA JUGA  Juventus vs Inter Milan Diprediksi Peserta Final Coppa Italia

Lille perlahan mulai bisa meredam Chelsea memasuki pertengahan babak pertama. Mereka coba mengancam dari sepakan jarak jauh Benjamin Andre. Namun, Edouard Mendy bisa meredamnya. Skor 1-0 untuk Chelsea bertahan hingga babak pertama tuntas.

Lille secara mengejutkan mampu mendominasi permainan di awal babak kedua. N’Golo Kante dan kawan-kawan sampai bertahan hingga separuh lapangan untuk menghalau ancaman yang ditebar tim tuan rumah.

Namun, skema permainan menyerang yang dijalankan tim besutan besutan Jocelyn Gourvennec itu tak terlihat efektif. Mereka selalu terpusat membangun serangan dari sektor kiri.

Dari skema tersebut, Les Dogues sepertinya ingin mengeksploitasi sektor yang dikawal Cezar Azpilicueta. Meningat, mereka bisa memenangkannya jika beradu cepat.

Namun cukup disayangkan, sang kapten bermain sangat gemilang. Renato Sanchez tetap dibuat frustasi dan malah melakukan kesalahan fatal.

Pasalnya, Lille terlalu asyik menyerang sampai melupakan kecepatan milik tim tuan rumah dalam melancarkan serangan balik. Kante yang menjadi motor serangan balik itu langsung memberikan petaka.

Stamford Bridge akhirnya bergemuruh kembali pada menit ke-63. Christian Pulisic menyusul Kai Havertz ke papan skor setelah berhasil mencetak gol, dengan memanfaatkan assist dari N’Golo Kante. Chelsea pun menjauh, 2-0.

Lille semakin bernafsu menyerang. Setidaknya, kedudukan harus diperkecil agar beban mereka di leg kedua berkurang. Pada menit ke-71, Sven Botman coba mencetak gol dengan memanfaatkan sepak pojok. Sayang bola bisa dihentikan oleh Edouard Mendy.

Intensitas pertandingan mulai menurun di sisa menit babak kedua. Chelsea tak lagi bernafsu menyerang dan fokus pada upaya mempertahankan keunggulan, yang jelas membuat Lille semakin sulit untuk mengejar ketertinggalan.

Tidak ada gol lagi yang tercipta sampai wasit menghembuskan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Kemenangan 2-0 ini menjadi modal yang sangat positif buat Chelsea untuk menyongsong pertemuan kedua.

BACA JUGA  Saat Hadapi Totthenham, Cristiano Ronaldo Diragukan Tampil

Susunan Pemain:

Chelsea (3-4-3): Edouard Mendy; Thiago Silva, Andreas Christensen, Antonio Rudiger; Cesar Azpilicueta, N’Golo Kante, Mateo Kovacic (Ruben Loftus-Cheek 51′), Marcos Alonso (Malang Sarr 80′); Hakim Ziyech (Saul Niguez 60′), Kai Havertz, Christian Pulisic (Timo Werner 80′).

Lille (4-3-3): Leo Jardim; Mehmet Zeki Celik, Jose Fonte, Sven Botman, Tiago Djalo (Gabriel Gudmundsson 76′); Amadou Mvom Onana (Burak Yilmaz 65′), Xeka, Benjamin Andre; Renato Sanches (Hatem Ben Arfa 81′), Jonathan David (Edon Zhegrova 81′), Jonathan Bamba. ( sumber/rri.co,id).

Editor : Sgw

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button