NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir Juz 5, Surat An Nisa’ Ayat 80 Taat kepada Rasulullah adalah Implikasi dari Taat kepada Allah

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat An-Nisa’ Ayat 80 berbunyi :

(مَّن یُطِعِ ٱلرَّسُولَ فَقَدۡ أَطَاعَ ٱللَّهَۖ وَمَن تَوَلَّىٰ فَمَاۤ أَرۡسَلۡنَـٰكَ عَلَیۡهِمۡ حَفِیظࣰا)

Artinya :

Barang siapa menaati Rasul (Muhammad), maka sesungguhnya dia telah menaati Allah. Dan barang siapa berpaling (dari ketaatan itu), maka (ketahuilah) Kami tidak mengutusmu (Muhammad) untuk menjadi pemelihara mereka.

Pada ayat ini Allah menyatakan keterikatan antara Rasulullah dan Allah.
Bahwa taat kepada Rasulullah dalam segala perintah-perintahnya, dan menghindari segala larangannya merupakan implikasi dari ketaatan kepada Allah Swt. Karena Rasulullah tidak pernah memerintahkan kecuali sesuatu yang diperintahkan Allah, dan juga tidak pernah mencegah sesuatu kecuali dilarang oleh Allah.

Allah berfirman:

وما ينطق عن الهوى ان هو الا وحي يوحى

Dan tidaklah dia (Muhammad) berbicara dari hawa nafsunya, akan tetapi seluruh yang diucapkannya adalah wahyu yang Allah wahyukan. Dan setiap orang yang mentaati Rasulullah akan memperoleh ganjaran yang berlipat ganda di sisi Allah swt.

Dan barang siapa yang menentang Rasulullah maka sesungguhnya dia sendiri yang akan merasakan kemudharatan perbuatannya, dan tidak akan memberikan kemudharatan sedikitpun kepada Allah dan Rasulullah.

Dan kami tidak mengutus engkau kepada mereka untuk menjadi penjaga mereka. Kami hanya mengutus engkau kepada mereka sebagai Rasul yang menyampaikan risalah kami kepada mereka, memberikan nasehat kepada mereka dan penjelasan tentang hukum-hukum Allah kepada mereka.

Semua tugas-tugas itu telah engkau sampaikan dengan baik, dan engkau (Muhammad) akan memperoleh balasan yang mulia disisi Allah tanpa memperhatikan apakah mereka mendapat hidayah atau tidak.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al An'am Ayat 36  Hanya Hati yang Hidup dan Bisa Menerima Dakwah Rasulullah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button