SUMSEL

Herman Deru : Jiwa Pramuka Harus Masuk ke Siswa

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Pelantikan Dewan Kerja Daerah Gerakan Pramuka Sumsel masa bakti 2022-2027 dilaksanakan di Graha Bina Praja, Jumat (25/2/2022). Hadir dalam acara tersebut Gubernur Sumsel H Herman Deru, Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar S.IP., M.A.P.

Gubernur Sumsel H Herman Deru menuturkan, hari ini hari bersejarah pramuka di Sumsel, karena pelantikannya dihadiri Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bapak Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar.

“Pengukuhan dan pelantikan pengurus Kwarda Sumsel ini diisi orang yang handal, paham aturan. Ada senior, ada junior. Harapan agar pramuka adalah karakter sportif, berani menghadapi tantangang, teguh dan suka menolong. Kita jalankan Dasa Darma Pramuka, karena tanpa disadari karakter kita dibentuk pramuka,” katanya.

“Selama ini kita lihat pramuka dibentuk di bidang formal ada di sekolah, BUMM, BUMD. Saya berharap jiwa pramuka harus ada di masyarakat,” tambah Herman Deru.

Dalam kesempatan itu, Herman Deru mengatakan, akan membenahi struktur organisasi Pramuka. ” Jangan sampai anak anak tidak kenal pramuka. Jiwa pramuka masuk ke siswa. Oleh sebab itu perlu pembinaan, dan Kwarda harus diisi tokoh pendidikan, semua tokoh. Pramuka itu satria, itu kita ajarkan ke anak-anak muda,” paparnya.

Sementara itu, Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar S.IP., M.A.P. mengatakan, pihaknya percaya seluruh gerakan pramuka di Sumsel mematuhi arahan Presiden Joko Widodo agar terus mematuhi protokol kesehatan dan mengajak seluruh elemen masyarakat mematuhi prokes. “Anggota pramuka itu memiliki sikap empati dan saling membantu. Itu yang kita harapkan, ” ujarnya.

Kepada pengurus yang sudah dilantik, Bachtiar berharap agar menjalankan organisasi ini dengan sebaik-baiknya.

“Tahun ini kita ada kegiatan besar, diantaranya Jambore nasional ke 11 pada Agustus 2022. Kemudian, Sumsel akan menjadi tuan rumah Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Nasional pada tahun 2022, saya minta Kwarda Sumsel mempersiapkan diri sebagai tuan rumah,” bebernya.

Ketua Kwarda Sumsel Riza Fahlevi menambahkan, Bapak Gubernur telah memberikan apresiasi kepada kepengurusan Kwarda Sumsel periode 2022-2027.

“Kepengurusan sengaja dari berbagai komponen. Tujuannya agar Kwarda Sumsel mengakomodir semua elemen. Kita jadikan satu tujuan dengan niat iklas mengangkat martabat Pramuka di Sumsel. Saya dipercaya menahkodainya, karena basic saya dari dunia pendidikan. Tentu banyak kaum milenial dari anak TK, SD, SMP, SMA dan SMK yang ikut di Pramuka. Kita bukan hanya mengejar juara tapi Pramuka sebagai pembinaan karakter. Kita ingin anak-anak kita pintar dan juga punya karakter, ” urainya.

Riza menungkapkan, pembinaan Pramuka tidk hanya disekolah saja. Namun juga di organisasi yang sifatnya umum, masuk kepengurusannya.

“Kita disini ada berbagai macam disiplin ilmu. Mari kita bersama sama melakukan yang terbaik untuk Pramuka di Sumsel, ” katanya.

Ketika ditanya rencana kerja kedepan, Riza menerangkan, pihaknya mulai memverifikasi sertifikasi gugus gugus depan yang ada di sekolah. Selama ini hanya ada nama tapi sekarang dilihat strukturnya, termasuk tempat administrasinya.

“Kan terpisah antara putra dan putri. Itu juga harus kita awasi, kontrol, dan lakukan pembinaan. Kemudian, guru terutama Kepsek minimal mengikuti kursus mahir dasar (KMD) yang berkolaborasi untuk memberdayakan Kwarcab di kabupaten dan kota. “Selama ini Kwarcab mati suri. Sekarang akan kita bangunkan kembali dan kita galakkan kembali, ” pungkasnya.

Reporter : Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button