NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir Juz 5 Surat An Nisa’ Ayat  82, Alquran Wahyu Allah yang Terjaga

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat An-Nisa’ Ayat 82 berbunyi :

(أَفَلَا یَتَدَبَّرُونَ ٱلۡقُرۡءَانَۚ وَلَوۡ كَانَ مِنۡ عِندِ غَیۡرِ ٱللَّهِ لَوَجَدُوا۟ فِیهِ ٱخۡتِلَـٰفࣰا كَثِیرࣰا)

Artinya :

Maka tidakkah mereka menghayati (mendalami) Al-Qur`ān? Sekiranya (Al-Qur`ān) itu bukan dari Allah, pastilah mereka menemukan banyak hal yang bertentangan di dalamnya.

Pada ayat ini Allah memerintahkan untuk mentadaburi Alquran, dengan cara memahami makna-maknanya, merenungi pesan-pesan yang terkandung di dalamnya, memahami pesan-pesan hukum yang ada di balik ayatnya dan mengupas isyarat-isyarat yang terkandung di dalamnya.

Dengan mentadaburi Alquran maka akan menjadi pintu-pintu ilmu pengetahuan, membersihkan hati, memperkuat keyakinan, semakin mengenal Allah dan kekuasaan Nya, memahami dan mengetahui musuh manusia yang sebenarnya, mengetahui jalan yang membawa kepada kehancuran dan kebinasaan.

Dengan tadabbur Alquran ini akan menghantarkan pada puncak kayakinan bahwa Alquran adalah wahyu yang benar, yang Allah turunkan dengan segala kebenaran, dihantar oleh utusan yang benar dan diterima oleh nabi yang benar serta menyampaikannya dengan benar.

Dengan mentadaburi Alquran maka akan lahir keyakinan bahwa Alquran adalah kitab yang terjaga. Tidak ada satu persoalan pun yang bertentangan dengan ayatnya yang lain dalam Al Quran.

Setiap ayat dengan ayatnya yang lain saling menguatkan, saling menopang dan menjadi penjelas bagi yang ayat lainnya. Kalaulah Alquran bukan dari sisi Allah maka niscaya akan ditemukan banyak pertentangan antara satu ayat dengan ayat lainnya. Namun itu tidak terjadi karena Alquran benar-benar wahyu Allah yang maha mulia dan maha menjaga.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir Juz 5, Surat An Nisa' Ayat  99  Mereka Mendapatkan Ampunan dari Allah Swt

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button