INTERNASIONAL

Imam Besar Al-Azhar Mesir  Serukan Perdamaian Segera di Ukraina

MAKLUMATNEWS.com — Imam Besar Al-Azhar, Kairo, Mesir Syekh Ahmed Al-Tayyeb, meminta para pemimpin dunia untuk turun tangan, serta membantu mengakhiri invasi Rusia ke Ukraina.

Menurut dia, para pemimpin dunia tidak boleh diam dan harus bersuara untuk mengakhiri krisis Ukraina-Rusia ini.

“Saya mendesak Rusia dan Ukraina untuk mengakhiri perang ini, mengacu pada akal sehat (efek peperangan),” ujarnya dikutip dari Anadolu Agency, Selasa, 1 Maret 2022.

Imam Besar Al-Azhar itu juga menegaskan, peperangan hanya menimbulkan kehancuran dan kebencian semata di dunia.

Ia pun menawarkan dialog antara kedua belah pihak untuk mengakhiri peperangan.

“Perang hanya akan membawa kehancuran dan kebencian di dunia kita. Konflik itu hanya bisa diseleseikan dengan dialog,” tutur Imam Besar Al-Azhar ini.

Invasi ke Rusia ke Ukraini sendiri kian memanas. Per hari Senin misalnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky secara resmi mengajukan keanggotaan Uni Eropa di tengah invasi Rusia.

Foto: Kolase foto Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (Russian Presidential Press Service and Ukrainian Presidential Press Office via AP)

Foto Zelensky menandatangani dokumen permintaan bergabung dirilis di laman Facebook sang presiden pada Senin (28/2/2022) malam waktu setempat.

Pengajuan ini dibuat lima hari setelah Ukraina diinvasi Rusia. Uni Eropa sendiri tegas mengecam tindakan Kremlin dan memberlakukan sanksi sebagai hukuman.

Di Forum PBB, kondisi pun memanas terkait Rusia-Ukraina ini. Ketegangan pun mewarnai pertemuan ini, ketika sidang dibuka dengan berita bahwa Amerika Serikat mengusir 12 diplomat Rusia di PBB yang dituduh Washington sebagai mata-mata.

“Senjata sedang berbicara sekarang, tetapi jalan dialog harus selalu tetap terbuka,” kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres kepada majelis. “Kami membutuhkan kedamaian sekarang,” ujarnya. (*)

Editor  : Aspani Yasland

BACA JUGA  Dubes Zuhairi Misrawi Menghadiri Peringatan Istighotsah 1 Abad NU dan Sampaikan Peran NU dalam Membangun Indonesia 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button