NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir Juz 5 Surat An Nisa’ Ayat 83 Kembalikan Urusan Kalian kepada Rasulullah dan Ahlul Ilmi

 

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat An-Nisa’ Ayat  83 berbunyi :

(وَإِذَا جَاۤءَهُمۡ أَمۡرࣱ مِّنَ ٱلۡأَمۡنِ أَوِ ٱلۡخَوۡفِ أَذَاعُوا۟ بِهِۦۖ وَلَوۡ رَدُّوهُ إِلَى ٱلرَّسُولِ وَإِلَىٰۤ أُو۟لِی ٱلۡأَمۡرِ مِنۡهُمۡ لَعَلِمَهُ ٱلَّذِینَ یَسۡتَنۢبِطُونَهُۥ مِنۡهُمۡۗ وَلَوۡلَا فَضۡلُ ٱللَّهِ عَلَیۡكُمۡ وَرَحۡمَتُهُۥ لَٱتَّبَعۡتُمُ ٱلشَّیۡطَـٰنَ إِلَّا قَلِیلࣰا)

Artinya :

Dan apabila sampai kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka (langsung) menyiarkannya. (Padahal) apabila mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya (secara resmi) dari mereka (Rasul dan Ulil Amri).* Sekiranya bukan karena karunia dan rahmat Allah kepadamu, tentulah kamu mengikut setan, kecuali sebagian kecil saja (di antara kamu).

Pada ayat ini Allah Swt mendidik orang-orang mukmin dalam hal menerima berita baik yang terkait dengan keamanan dan ketentraman masyarakat, maupun juga musibah yang menimpa untuk tidak langsung disebarkan.

Kenapa tidak dikembalikan kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, yang mereke memiliki kapabilitas, ilmu pengetahuan, kebijaksanaan dan pengalaman, sehingga mereka bisa menentukan bagaimana sikap menghadapi kejadian tersebut.

Karenanya Allah Swt mengungkapkan:

﴿لَعَلِمَهُ الَّذِينَ يَسْتَنْبِطُونَهُ مِنْهُمْ﴾

Bahwa niscaya mereka bisa menemukan solusi yang baik dengan pemikiran yang benar, dan ilmu mereka yang lurus.

Ayat ini mengisyarakat untuk mengembalikan setiap urusan kepada ahlinya.

Kalaulah bukan karena kemuliaan dan rahmat Allah niscaya kalian akan terjebak mengikuti bujuk rayu setan. Hanya sedikit di antara kalian yang yang mampu terbebas, yaitu mereka yang kembali kepada Tuhannya, memohon perlindungan dan bersungguh-sungguh dalam ketaatannya.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 6 Surat Al Maidah Ayat 67 Tugas Rasulullah SAW Hanyalah Menyampaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button